Diskominfo Kulon Progo Terus Berkomitmen Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kulon Progo gelar forum bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), dihadiri seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kapanewon seKulon Progo. Senin (24/2/2020), di Ruang Rapat Sermo, Kompleks Kulon Progo.

Forum ini sebagai ajang silaturahmi antar PPID se-Kabupaten Kulon Progo untuk menyamakan persepsi program pemerintah dalam menerapkan keterbukaan informasi publik.

Menurut UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, PPID memiliki tugas sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik. Dengan keberadaan PPID maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu.

Kepala Diskominfo Kulon Progo Drs. Rudiyatno, M.M., dalam sambutannya menuturkan bahwasannya fungsi dari PPID sendiri ialah untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik.

“Kita ingin menyelaraskan persepsi bahwa keterbukaan informasi adalah mutlak milik masyarakat,” tutur Rudi.

Rudi berharap melalui forum ini pelayanan akan informasi bisa lebih baik, seperti pengelolaan web site, berita, konten, dan artikel yang bisa diakses oleh masyarakat.

Sementara itu, Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Komisi Informasi Daerah (KID) DIY, Erniyati menjelaskan tugas dari badan publik adalah menyediakan informasi agar masyarakat dapat mengetahui kinerja dari setiap badan publik tersebut.

“Saat ini masyarakat memonitor kerja kita sebagai badan publik. Oleh sebab itu kita harus menyediakan informasi yang terpadu sebagai wadah bagi masyarakat untuk mengetahui kinerja kita”

Terkait sengketa, Erni menjelaskan kepada seluruh OPD untuk bersiap menghadapi dan mengantisipasi, bukan menghindarinya.

Pada kesempatan yang sama, Erni mengajak seluruh PPID untuk turut serta mensukseska Monev KID DIY 2020. Tujuan dari Monev ialah untuk memonitor dan membuat pengelompokan kondisi ketebukaan informasi badan publik, lalu memberikan penghargaan dan feedback bagi badan publik yang sudah mewujudkan keterbukaan informasi publik. MC Kulon Progo/Dni/Mra.