Gerakan Budaya Membaca Dan Peduli Arsip Melalui Pameran Arsip dan Pesta Buku Murah Inovatif

Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kabupaten Kulon Progo mengadakan pameran arsip dan pesta buku murah inovatif. Acara tersebut berlangsung di Halaman Dinas Perpusatakaan dan Kearsiapan Kulon Progo, Rabu (19/02/2020).

Seperti halnya yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo, Drs. R. Agus Santosa, M.A mengatakan perihal Buku adalah jendela dunia dengan membaca buku untuk menambah wawasan mengenai hal-hal baru sedangkan arsip – arsip adalah hal yang penting dan dapat disimpan.

“Arsip bukanlah sampah, arsip sangat penting sebagai bukti sejarah.” tegas Agus

Selain adanya Pameran Arsip dan Pesta Buku Murah itu juga ada demonstrasi tentang Smart Reading. Smart Reading adalah teknik membaca super cepat yang melibatkan seluruh bagian otak, sehingga membaca hanya dengan membalik-balikkan kertas saja dan otak bias menyerap semua isi buku dengan mudah dan sangat cepat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DIY, Dra. Monica Nur Lastiyani, M.M memberikan apreasisi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kulon Progo dimana salah satu penilaian kinerja indikatornya adalah pengelolaan arsip untuk mendapatkan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

“Lembaga perpustakaan dan kearsiapan yang ada di Kabupatan ini adalah sebagai memori Kulon Progo, jadi tolong Bapak/Ibu yang ada di OPD mulai berbenah untuk mengidentifikasi arsipnya.” ucap Monica.

Selanjutnya, Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan Kulon Progo, Drs. Eka Pranyata mengatakan melalui pameran arsip ini diharapkan dapat diketahui data-data dan arsip masa lalu dan data-data terbaru sehingga akan mudah kalangan masyarakat dan informasi mudah diaskses dengan internet, akan tetapi buku cetak masih relevan.

“Membaca buku bisa menjadi bahan referensi dan sumber ilmu pengetahuan karena buku salah satu sumber ilmu pengetahuan.” tegas Eka.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DIY, Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan Kulon Progo, Asisten Administrasi Umum, Forkompimda Kulon Progo, OPD Kulon Progo, dan Sejumlah Pelajar Kulon Progo.

Harapannya dengan acara ini semoga dapat menjadikan kita peduli tentang menjaga arsip dan juga menjadikan budaya membaca buku itu adalah sebuah kebutuhan yang penting. MC Kulon Progo/Tcw/Mir.