Satpol PP Dan Dinkes Kulon Progo Libatkan Satlinmas Sosialisasikan Perda KTR

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kulon Progo bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulon Progo dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kulon Progo mengadakan kegiatan workshop dengan tema Peningkatan Kapasitas Satlinmas Dalam Implemenyasi Perda No. 5 Tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Acara tersebut berlangsung di Ruang Sermo Kompleks Pemkab Kulon Progo, Kamis (30/1/2020)

Seperti halnya yang disampaikan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP)  Kulon Progo, Drs. Sumiran mengatakan bahwa mengenai sosialisasi Perda KTR, itu Linmas ini sebagai ujung tombak dari penegakkan perda KTR ini dengan memasang banner di warung – warung.

“Dengan cara memasang banner yang sudah kita buat di warung – warung dan untuk iklan rokok kita ganti dengan banner iklan layanan masyarakat ini. Selain memasang banner linmas juga mendata para penjual rokok dan membudayakan merokok di tempat yang sudah disediakan,” tegas Sumiran.

Namun perda KTR ini masih menunggu peraturan bupati (perbup) yang masih dalam tahap revisi kaitannya dengan nanti pelaksanaan dan dalam waktu dekat akan diakan yustisi (peradilan/kehakiman) mengenai Perda KTR ini.  Dalam hal ini alasan menggandeng pihak Linmas Kulon Progo karena ketugasannya yaitu turuti serta dalam penegakkan perda, perbup, dan perdes.

Sementara itu, salah satu anggota Linmas Kulon Progo, Rusidi dalam kegiatan ini adalah kita membantu Satpol PP dalam bersosialisasi terhadap masyarakat mengenai perda KTR ini.

“Kita pasang banner itu paling utama di warung – warung yang dekat area sekolah dan kita membantu satpol PP dalam upaya pengendalian banner iklan rokok di Kulon Progo.” tutur Rusidi.

Lanjut, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, drg. Th. Baning Rahayujati, M.Kes mengatakan bahwa saat ini kita dalam proses perubahan perbup tentang petunjuk pelaksanaan perda KTR, mengenai dinamika di lapangan mengenai Rokok Elektronik (Vape) yang ada di Kulon Progo.

“Dalam hal ini perda kita tidak melarang orang untuk merokok, tetapi mengendalikan sedangkan target sasaran kita adalah generasi penerus (muda).” tegas Baning.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala Satpol PP Kulon Progo, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kulon Progo, dan anggota Satuan Linmas Kulon Progo.

Harapannya dengan workshop tentang perda KTR ini sebagai literasi berupa banner iklan layanan masyarakat dan juga kedepan dapat mengendalikan para perokok yang ada di Kulon Progo. MC/Hary/Tcw.