Pelatihan Produktivitas Wirausaha Baru Terintegrasi Langkah Kurangi Pengangguran di Kulon Progo

Balai Latihan Kerja (BLK) Kulon Progo mengadakan kegiatan pelatihan produktivitas wirausaha baru terintegrasi yang rencananya akan dilaksanakan lima hari mendatang. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan produktivitas dan daya saing tenaga kerja di Indonesia nantinya. Acara tersebut berlangsung di Aula BLK Kulon Progo Jl. Raya Wates-Purworejo Km. 2, Sumberejo, Triharjo, Wates, Kulon Progo, Senin (27/01/2020).

Seperti halnya yang disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Sumber Daya Alam Kulon Progo, Ir. Bambang Tri Budi Harsono, M.M mengatakan bahwa pelatihan ini untuk menambah keterampilan, wawasan, dan pengetahuan mengenai wirausaha baru terintegrasi.

“Hanya ada dua komponen yaitu kemauan dan kemampuan. Kemauan ada kesempatan dan mental/sikap sedangkan kemampuan adalah keterampilan dan kemauan.” tegas Bambang.

Dalam pelatihan ini rencananya akan dilaksanakan dalam waktu lima hari dan setiap harinya akan berlangsung sekitar delapan jam. Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah peserta yang lolos dalam seleksi internet marketing dan desain grafis dari seleksi yang diadakan oleh BLK Kulon Progo. Peserta pelatihan kewirausahaan ini berasal dari masing-masing kapanewon yang ada di Kulon Progo yang berjumlah 60 peserta.

Sementara itu, Kepala Bagian TU Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Bekasi, Ibnu Wiyoto, S.E mengatakan bahwa pengangguran di usaha produktif masih cukup tinggi di Kulon Progo, maka saat ini perlunya meningkatkan kualitas SDM, sehingga saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan strategi untuk mengurangi angka pengangguran di Kulon Progo.

“Salah satu strategi yang perlu dilakukan antara lain peningkatkan kualitas SDM yang bisa di bekerja di berbagai bidang, meningkatkan kualitas tenaga kerja yang mumpuni, dan menyiapkan wirausaha yang berkualitas,” tegas Ibnu.

Dalam acara tersebut dihadiri Asisten Perekonomian Pembangundan dan Sumber Daya Alam Kulon Progo, OPD Kulon Progo, Kabag TU BBPP Bekasi, Kepala UPT BLK Kulon Progo, dan Peserta Pelatihan Wirausaha.

Harapannya dengan ini mempunyai beberapa tujuan mendorong pemerintah dan stake holder untuk bersama-sama meningkatkan perekonomian, meningkatkan kualitas tenaga kerja dan mempersiapkan wirausaha yang produktif di berbagai bidang. MC Kulon Progo/Dpp/Tcw.