Rapat Persiapan Pelantikan dan Pengukuhan Pamong Kalurahan Kulon Progo

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMD Dalduk KB) mengadakan rapat dalam rangka persiapan pelantikan dan pengukuhan Pamong Kalurahan se-Kulon Progo yang akan dilaksanakan pada 27/01/2020 mendatang. Acara tersebut berlangsung di Ruang Sermo Kompleks Pemkab Kulon Progo, Kamis (23/1/2020)

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Kelembagaan Setda Kulon Progo, Kepala Seksi Kelembagaan dan Aparatur Pemerintah Desa DPMD Dalduk KB, dan sejumlah Pamong Kalurahan se-Kulon Progo.

Seperti halnya yang disampaikan oleh Kepala Seksi Kelembagaan dan Aparatur Pemerintah Desa DPMD Dalduk KB, Risdiyanta, S.I.P mengatakan bahwa kegiatan rapat persiapan pelantikan Pamong Kalurahan yang dilantik oleh Bupati Kulon Progo dan sedangkan pengukuhan dilakukan oleh Gubernur DIY.

“Ya setelah Lurah dilantik oleh Bupati nantinya, Lurah itu berhak menerbitkan SK Lurah tentang perubahan nomenklatur, jabatan, dan melantik Pamong Kalurahan masing-masing.” tegas Risdiyanta.

Dalam kegiatan ini juga mengudang Sekretaris Desa (Sekdes) dari Kapanewon untuk memberikan penjelasan tentang teknis pelaksanan pengukuhan Lurah di Kalurahan masing-masing karena didanai dengan Dana Keistimewaan (Danais) ada penjelasan mengenai Surat Pertanggungjawaban (SPJ) dan kelengkapan apa saja yang dibutuhkan mengenai Surat Keterangan (SK) Lurah dan juga beberapa kelengkapan surat-surat mengenai administrasi.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Kelembagaan Setda Kulon Progo, Chris Agung Pramudi, S.H., M.Eng menambahkan bahwa kendala yang dialami sebenarnya perihal waktu, seharusnya dalam pelaksanan ini di awal tahun kendala untuk pendanaan Danais ternyata progresnya di awal tahun belum bisa karena baru dilaksanakan verifikasi anggaran di tahun 2019.

“Jadi progresnya setelah verifikasi nantinya dari Pusat bisa mentransfer Danais untuk 2020, jadi ini kita memang kejar-kejaran dengan waktu pengukuhan dan pelantikan.” tegas Chris.

Harapannya kedepan untuk pelaksanakan pengukuhan dan sampai dengan pemasangan papan nama masih di Bagian Organisasi Setda Kulon Progo. Tindak lanjut penetapan Kalurahan mulai dari Bagian Organisasi, sudah menjadi ranahnya Dinas PMD Dalduk KB. Jadi, nantinya Kalurahan melaksanakan kegiatan Danais bisa di koordinasi oleh pihak Dinas PMD Dalduk KB. MC/TCW.