Pemkab Kulon Progo Siap Dukung PMI Cabang Kulon Progo Dalam Upaya Pembinaan Relawan

Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kulon Progo menggelar musyawarah kerja 2019. Acara tersebut bertempat di Ruang Sermo Kompleks Pemkab Kulon Progo, Jumat (27/12/19).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, Perwakilan PMI DIY, Forkompinda dan OPD. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Kepala PMI cabang Kulon Progo, Arif Prastowo, S.Sos., M.Si bahwa kecelakaan yang ada di Kulon Progo menjadi tanggung jawab dari PMI.

“Setiap terjadi kecelakaan apapun yang ada di Kulon Progo, maka evakuasi itu dilakukan oleh tim dari PMI cabang Kulon Progo, baik itu pagi, siang, atau malam.” tutur Arif.

Kemudian, pada kesempatan ini pula akan diserahkan hasil pendampingan pengelolaan administrasi keuangan oleh Inspektorat Daerah kepada PMI Kulon Progo. Sejak dalam 2018, PMI sudah didampingi oleh Inspektorat Daerah dalam rangka pengelolaan keuangan.

Selanjutnya, rencana bulan dana tahun 2020 sekitar Maret, untuk memudahkan pengumpulan sumbangan dana dari sektor warga. Nantinya memudahkan dalam pengumpulan dana dari sektor warga yang pada saat Pra MusKer yang lalu disepakti oleh teman-teman semua akan lebih mudah jika pengumpulan dana itu disatukan saat distribusi Surat Pemberitahuan (SPT).

Arif Prastowo juga menambahkan banyak potensi yang di dapat jika menggabung bulan dana di setiap triwulan.

“Jika saja pajak kendaraan dapat dilakukan sebagai objek satu tahun, potensi yg di dapat akan sangat besar sekitar Rp.40 juta maka dalam 12 bulan sekitar Rp.160 juta dari sektor pajak kendaraan. Itu potensi dan menganut asas keadilan. Karena pembiayaan PMI ini tergantung dari bulan dana” tutur Arif.

Situasi donor darah yang kami lakukan di Kulon Progo sekitar 400-500 kantong darah dalam setiap tahunnya untuk memenuhi pemenuhan yang ada di Kulon Progo. Namun, kenyataannya pendonor 60% dari luar Kulon Progo melaui kegiatan donor darah masal dan bantuan PMI dari DIY. Jadi, pendonor yang berasal dari Kulon Progo ini belum maksimal mungkin belum ada 50%. Saya berharap kedepannya tahun 2020 kami merenakan donor darah di semua kecamatan yang ada di Kulon Progo.

Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati, Bambang Sutrisno, S.Sos., M.Si menuturkan bahwa Pemkab Kulon Progo menyatakan dukungan kepada PMI cabang Kulon Progo dalam upaya pembinaan relawan untuk peningkatan perhatian dan kualitas  korps sukarelawan dalam penyelenggaran tugas – tugas kemanusiaan.

"Pemerintah telah memberikan izin bulan dana 2019, sehingga PMI dapat menyelesaikan bulan dana tahun 2019. Semoga PMI dapat melaksanakan bulan dana untuk tahun – tahun yang akan datang. Semoga dana yg sudah dapat digunakan sebagai semestinya dan dapat berkontribusi dengan pihak lain." Tutur Bambang. MC/Tcw/Dpp.