Perayaan Hari Anak Sedunia di Gelar di Kulon Progo

Star Production bekerjsama dengan Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) Cabang Yogyakarta menggelar acara jumpa pers untuk mempersiapkan Hari Anak Sedunia yang akan dilaksanakan pada 22 Desember 2019 di Alun – alun Wates. Jumpa Pers tersebut bertempat di Ruang Glagah Kompleks Pemkab Kulon Progo, Kamis (19/12/2019). GNI berkomitmen untuk memenuhi hak anak melalui pemberdayaan masyarakat di sektor kesehatan dan pemdampingan UMKM.

“Mengenai Yayasan GNI adalah yayasan yang bergerak dibidang kemanusiaan, yang fokus bekerja pada pemenuhan hak anak melalui pemberdayaan masyarakat maupun komunitas. Saat ini GNI sudah memiliki 15 wilayah dampingan di Indonesia. Untuk di DIY kami hanya ada satu disini di desa Pendoworejo, Girimulyo, Kulon Progo. Di wilayah Pendoworejo kami memiliki sekitar 594 anak dampingan.” tutur Tiara.

Di daerah DIY kami bergerak di dua sektor kesehatan dan sektor peningkatan pendapatan melalui pendampingan UMKM. Tentunya dalam bergerak kami menggandeng dinas terkait, sektor kesehatan kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan.

Di sektor perlindungan anak kami bekerjasama dengan Dinas Sosial PPPA dan LSM bidang Pemenuhan Hak Anak dan Pemberdayaan Masyarakat. Untuk acara tersebut akan diisi dalang, karawitan, mendongeng, gejok lesung, reog, opera dan dagelan serta semua kegiatan tersebut akan dilakukan oleh anak-anak. Kami akan mengundang bintang tamu dari sanggar anak yang berjenis acapela di DIY bernama Icipili Mitirimin dan acara ini diperuntukan untuk semua kalangan dengan target utama adalah Anak – anak.

Staff Pelayanan Sponsor, Rahmat mengungkapkan dengan acara tersebut sebagai bentuk campaign tentang Konvensi Hak Anak  (KHA) dan juga menyukseskan cita - cita Pemkab Kulon Progo sebagai Kabupaten layak anak.

“KHA adalah konvensi internasional hak sipil, politik, ekonomi dan sosial kultural anak - anak. Tujuan kami membuat acara Hari Anak Sedunia ini adalah untuk memperingati 30 tahun KHA dan bentuk kampanye perlindungan hak anak, khususnya anak di Kulon Progo. Kami berharap dengan mengadakan acara ini dapat tersampaikan ke masyarakat  Kulon Progo untuk bersama - sama melindungi hak - hak anak. Semoga dengan acara ini dapat mendukung cita-cita Pemkab Kulon Progo ini menjadikan Kabupaten layak anak.” tutur Rahmat. MC Kulon Progo/Tcw/Iyen