KABUPATEN INDRAMAYU TERTARIK RDTR DAN PERDA RTRW KABUPATEN KULON PROGO

Panitia khusus (Pansus) VII dan VII DPRD Kabupaten Indramayu melakukan kunjungan kerja di Kantor Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Kamis (12/12/2019).

Maksud dan tujuan dalam kunjungan ini adalah untuk melakukan studi banding terkait perkembangan kota yang ada di Kulon Progo.

Kunjungan tersebut diterima oleh perwakilan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo di Ruang Sermo . K edua belah pihak saling bertukar pikiran dalam pengembangan kota yang ada baik dari segi Peraturan Daerah (Perda) RT RW dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Menurut pimpinan rombongan pansus VIII, Mohammad Sholihin, Perda RTRW dan RDTR bukan hanya sekedar peraturan tetapi akan dilaksanakan semaksimal mungkin didaerahnya.

“Kita ingin belajar dan menimba ilmu terkait pengembangan kota yang ada di Kabupaten Kulon Progo. Setelah kunjungan ini kami akan membangun Perda RTRW dan akan disempurnakan. Kami juga sedang membahas RDTR antara Pansus VII dan VIII dengan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo . Harapannya ini akan menjadi cerminan kita kedepan untuk ditiru , supaya perda itu bukan hanya dibikin tetapi bisa dirasakan oleh masyarakat” tutur M o hammad Sholihin.

Lebih lanjut Mohammad menjelaskan, Kabupaten Kulon Progo dipilih karena perkembangan yang ada di kabupaten ini sedang pesat. Dimulai dengan adanya pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) dan diiringi pembangunan infrastruktur pendukung lainnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengaturan dan Pembinaan Tata Ruang Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo, Zahram A Surawan S.T., M.T., mengatakan, Perda RTRW dan RDTR diharapkan bisa diterapkan dan dijalankan oleh kedua belah pihak. 

“Tadi kita sudah melakukan sharing untuk mengetahui pembuatan rancangan peraturan daerah yang nantinya bisa diterapkan baik itu di Indramayu maupun di Kabupaten Kulon Progo itu sendiri” tegas Zahram. MC Kulon Progo/tim liputan.