Generasi Millenial Garda Terdepan Sampaikan Informasi Kependudukan

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian dan Keluarga Berencana (DPMDDalduk&KB) Kabupaten Kulon Progo bekerjasama dengan BKKBN DIY menggelar pertemuan kemitraan dengan media massa lokal baik media cetak maupun elektronik, serta menghadirkan sejumlah kreator konten youtuber dan pengiat sosial media seperti facebook, instagram dll. Diselenggarakan di Rumah Makan Nggirili, Wates Kulon Progo. Senin (2/12/2019). Dalam pertemuan tersebut dilakukan sosialisasi dan promosi terkait program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)

Kepala Dinas PMDDalduk&KB Kulon Progo Sudarmanto., SIP., M.Si mengatakan  saat ini di Kulon Progo dalam rangka mendorong tercapainya penduduk yang berkualits dan kuantititas penduduk yang terkendalai, Dinas PMD Dalduk & KB terus mensosialisasikan program – program terkait terkendalinya penduduk lewat program Keluarga Berencana (KB). Dengan kegiatan ini berbagai pihak termasuk media dapat mengedukasi kepada masyarakat, kondisi keadaan penduduk di Kulon Progo.

“Dengan media kita undang untuk saling belajar karena media merupakan bagian alat edukasi kepada masyarakat agar penduduk di Kulon Progo bisa berkualitas dan informasi dapat tersampaikan,” ungkapnya.

Sudarmanto menambahkan dengan tercapainya program di kependudukan baik aspek kualitas, kuantitas dapat terukur sehingga harapannya teman – teman media dapat menginformasikan kepada masyarakat.

“Kedepan kependudukan ingin dibranding lebih di era millenial, sehingga kebijakan kependudukan bukan semata – mata hanya konvensional seperti program KB, namun sedini mungkin edukasi tentang program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk  para remaja, calon pasangan keluarga yang sudah menikah dan memasuki jenjang untuk membangun keluarga, sudah dipersiapkan serta lebih optimal nantinya.

Sementara Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Drs.Mardiya mengungkapkan  Sosialisasi Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) terkait peran dari media massa dan kali ini kita menggandeng youtuber dan facebooker untuk penyampaian informasi di era millenial terkait dengan gerakan KB untuk generasi muda.

“Selama ini media masa sudah jelas sasarannya, namun untuk generasi muda saat ini jarang melihat koran, radio tetapi mereka tidak lepas dari gawainya. Sehingga informasi apapun mereka dapat mengaksesnya dari media sosialnya,” ungkapnya.

Mardiya harapannya mereka dapat menginformasikan dari kapasistasnya masing – masing, jadi untuk program KKBPK diantaranya pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga dan pengelolaan kependudukan.

Generasi millenial dapat berperan dalam rangka mempublikasikan dan menyebar luaskan informasi program KKBPK, termasuk pencegahan usia dini, pencegahan AIDS, perlikaku negatif lainnya.

“Kita lebih mudah untuk menyampaikan informasi tersebut kepada mereka dengan jumlah followers atau jumlah subscribe untuk youtubers dan media soial,” pungkasnya. MC Kulon Progo/hry.