Obyek Wisata Pule Payung Kabupaten Kulon Progo Raih Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2019

Kabupaten Kulon Progo 2 (dua) kali berturut-turut memperoleh Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API). Pada tahun 2018 meraih 2 (dua) penghargaan yaitu Tari Angguk  sebagai juara 1 tingkat nasional dalam Kategori Atraksi Budaya Terpopuler dan Kebun Teh Nglinggo sebagai juara 3 tingkat nasional dalam kategori Ekowisata Terpopuler. Pada tahun 2019 ini obyek wisata Pule Payung meraih penghargaan sebagai juara 1 tingkat nasional kategori Destinasi Baru Terpopuler. Sedangkan untuk kategori ini juara 2 diraih Danau Love  dari Kabupaten Jayapura dan juara 3 Tepian Bandar Sungai Jantan dari Kabupaten Siak.

Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Di samping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah agar lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya.

Penghargaan kepada Pule Payung diterimakan kepada Bupati Kulon Progo Drs. Sutedjo Wiharso yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Dra. Niken Probo Laras, S.Sos. MH.  Bupati Kulon Progo berbangga atas penghargaan tersebut dan menyampaikan terimakasih pada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan sehingga penghargaan juara 1 tingkat nasional API ini diraih oleh Kabupaten Kulon Progo. Bupati juga mengucapkan selamat kepada obyek wisata Pule Payung, semoga menjadi obyek wisata yang semakin popular serta semakin banyak dikunjungi para wisatawan.

Penghargaan API untuk Pule Payung ini akan berdampak pada popularitas obyek wisata lainnya di Kulon Progo terutama dalam menyikapi bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur serta rencana pembangunan konektivitas Bedah Menoreh yang menghubungkan bandara YIA dengan Candi Borobudur.

Penyelenggaraan kegiatan API 2019 tahun ini mendapat sambutan yang luar biasa, baik dari masyarakat luas maupun dari Pemerintah Daerah. Hal ini terbukti dengan banyaknya pihak yang terdorong untuk turut ambil bagian dalam kegiatan yang  berkaitan dengan ajang Anugerah Pesona Indonesia. Hal ini dapat terlihat pula dari kenaikan jumlah perolehan suara yang sangat signifikan di mana panitia penyelenggara mencatat total perolehan suara sebesar 896.339 suara. Perolehan suara tersebut didapat melalui 4 buah saluran voting yang digunakan yaitu SMS Premium (semua operator), Aplikasi API Award, Aplikasi PrajaTV dan Youtube Video Channel.