BumilKu Menjadi Finalis Inovasi Berbasis Geospasial

Pemerintah Kabupaten Kulonprogo menerima Tim Juri Penghargaan Inovasi pemanfaatan informasi Geospasial yang dipimpin oleh Heri Sutanta, ST., M.Sc., Ph.D, diterima oleh Wakil Bupati Kulonprogo, Drs. Sutedjo, Kepala Dinas Kominfo, Drs. Rudiyatno, MM, Plt Dinas Kesehatan, dr Sri Budi Utami, M.Kes di Ruang Menoreh, Selasa (24/9/2019).

“Tujuannya adalah memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten /Kota yang telah mengembangkan aplikasi atau inovasi pemanfaatan informasi geospasial (pemanfaatan peta) untuk mendukung kegiatan-kegiatan pemerintahan”, ujar Heri Sutanta . Tahun ini sudah terpilih 6 finalis, dimana Kulonprogo masuk dalam salah satunya dengan aplikasi yang sederhana.

Wakil Bupati Kulonprogo menyampaikan bahwa pada era kemajuan Teknologi Informasi ini, keberadaan informasi geospasial tidak lagi dipandang sebelah mata. Pelaksanaan pembangunan apapun pasti akan dipengaruhi oleh perencanaan yang tepat dan baik, didasarkan pada data yang valid/benar. “Dengan berbasis peta menjadi kunci stategis akurasi perencanaan pembangunan di bidang apa pun”, terangnya.

Pemerintah Kabupaten Kulonprogo meluncurkan aplikasi BumilKu bertepatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN)ke- 54. “Aplikasi ini merupakan wujud digitalisasi pemantauan terhadap ibu hamil yang memberikan kemudahan pelayanan kesehatan”, tambahnya.

Bumilku yang merupakan akronim dari Ibu Hamil Kulonpogo ini memuat data digital keseluruhan ibu hamil yang ada di wilayah ini berdasarkan data yang diinput oleh bidan pendamping maupun kader kesehatan yang ditugaskan.

Sri Budi memberikan paparan bahwa dengan adanya aplikasi ini, bisa diketahui jumlah ibu hamil, tingkat resiko bagaimana sampai dengan hari ini. “Sistem ini sangat beranfaat untuk kami terutama peugas kesehatan, untuk memantau secara keseluruhan”, terangnya. MC Kulon Progo/hry