Jumpa Metropolitan Jadi Tema Manunggal Fair 2019

Taman Budaya Kulon Progo dan Lapangan Pengasih menjadi lokasi Manunggal Fair tahun 2019. Acara tersebut akan diselenggarakan pada 27 September sampai 5 Oktober 2019. Terdapat ratusan stand yang disediakan untuk meramaikan event besar tersebut sekaligus dalam rangka menyambut Hari Jadi Kulon Progo ke-68. Jumlah stand di TBK 172 stand yang terditri OPD, VIP dan Regular. 

Dinas Komunikasi dan Informatika menjadi penyelenggara Manunggal Fair 2019 bekerjasama dengan Perumda Aneka Usaha, Direktur Utama Perusahaan Daerah Aneka Usaha, Suharyanto mengungkapkan tema Manunggal Fair Tahun 2019 “ Jumpalitan” atau “ Jumpa Metropolitan”.

“Tema yang diambil Jumpalitan sendiri memiliki makna Jumpa Metropolitan, karena nantinya Kulon progo akan menjadi kota metropolitan dengan adanya Bandara baru, selain itu untuk menjaga TBK agar tetap bersih pedagang tidak diperbolehkan adanya kompor karena untuk menjaga kebersihan dan keamanan gedung TBK,” ungkap Suharyanto.

Suharyanto juga menambahkan yang membedakan antara Manunggal Fair kali ini dengan tahun-tahun sebelumnya yakni lokasi, untuk stand OPD berada di Taman Budaya Kulon Progo sedangkan pasar Malam di tempatkan di Lapangan Pengasih.  Lebih dari 100 pelaku usaha akan hadir menampilkan produk unggulan masing-masing. Belum lagi, stand VIP dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang juga turut mendekatkan diri dengan masyarakat Kulon Progo.

“Pintu masuk Manunggal Fair berada di depan pintu Taman Budaya, terdapat belasan stand OPD, VIP dan Reguler di taman budaya tersebut, untuk opening akan dilakukan pada 27 September 2019, pukul 15.00 WIB di Taman Budaya Kulon Progo, serta nantinya akan ada spot foto dengan menghadirkan ikon karnaval,” ujarnya

Disediakan juga panggung rakyat, yang akan menampilkan seni dan pertunjukan, tambahnya pada jumpa pers di Ruang Rapat Binangun IV komplek Pemda Kulon Progo, Jumat (20/9/2019).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Rudiyanto menyampaikan, kita ingin penyelenggaraan Manunggal Fair ada nilai yang berbeda dari biasanya, sejalan dengan pembangunan bandara dan terdapat progres yang lebih baik dan media dapat berperan lebih penting untuk menginformasikan.

“Harapnya dengan pameran ini para pelaku usaha memiliki semanagat kompetisi untuk meningkat produk yang lebih baik. Sehingga dapat menstimulasi pelaku usaha yang ada di Kulon Progo mulai dari kualitas, perfoma produknya untuk masing – masing usaha, semoga penyelenggaraan kegiatan Manunggal Fair berjalan lancar dan sukses,” kata Rudi. MC KP/hry.