Syukuran Hasil Bumi, Desa Bugel Gelar Merti Desa

Kulon Progo - Desa Bugel kembali menggelar acara Merti Desa. Acara Merti Desa digelar di halaman Balai Desa Bugel, Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Kamis, (19/9/2019).

Acara ini merupakan acara tahunan yang di gelar setiap bulan Suro sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan rahmat atas hasiil bumi yang telah didapatkan sehingga dapat memenuhi kesejahteraan masyarakat Desa Bugel.

"Bersih Desa seperti ini dilakukan pada bulan Suro, dengan harapan setiap tahun diadakan supaya Hasil-hasil dari opah petani atau nelayan itu bisa menangkap ikan yang bagus dan banyak dan dari pertanian yang banyak sehingga akan mensejahterakan masyarakat di Desa Bugel," ujar Ngadi Sunaryo selaku Ketua Desa Budaya Bugel.

Desa Bugel juga merupakan Desa budaya dimana pada acara  Merti Dusun ini juga diadakan kirab dan juga kenduri. Kirab diikuti oleh 10 Dusun yang ada di Desa Bugel dan setiap Dusun membawa masing - masing satu gunungan. Sehingga acara tersebut menyedot perhatian warga Desa.

Pada Merti Dusun semua warga berkumpul dari anak - anak hingga orang tua.  Mereka sangat antusias dalam acara tersebut. Diawali dengan kirab dengan sejumlah bergodo membawa 10 gunungan, kemudian dilanjutkan dengan kenduri serta berebut gunungan. Diakhir acara juga dimeriahkan penampilan tari Jaran Kepang.  

"Terimakasih kepada masyarakat Desa Bugel yang tetap mengadakan acara Merti Dusun untuk melestarikan kebudayaan ini ditengah perkembangan zaman yang semakin maju. Desa Bugel ini juga merupakakan salah satu dari 15 Desa Budaya yang ada di Kulon Progo  yang ditetapkan langsung oleh Gubernur DIY" ujar Drs Untung Waluyo selaku Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo. MC Kulon Progo/Ajeng/Citra/Dhena/Luthfi