Upaya Dinkes Kulonprogo meningkatkan Peran Krida Saka Bakti Husada

Pemberdayaan generasi muda melalui gerakan Pramuka khususnya Saka Bakti Husada (SBH) merupakan sasaran strategis dalam dalam meningkatkan peran dan jejaring untuk mendukung program-program Pemerintah dalam upaya peningkatan derajat kesehatan di masyarakat. permasalahan yang ada saat ini relatif masih kurangnya pengetahuan tentang peran krida dalam upaya asman toga dan akupresur serta penanggulangan kegawatdaruratan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo menyelenggarakan koordinasi SBH yang diharapkan dapat sebagai ajang komunikasi dalam rangka peningkatan pengetahuan dan komitmen anggota maupun pimpinan SBH, diselenggarakan di Warung Makan Joglo TP, Jl. Sermo No. 2 Kopat karangsari Pengasih, Sabtu (14/9/2019).

Peserta sejumlah 30 orang terdiri dari anggota SBH Kabupaten Kulonprogo, Koordinator dan anggota Krida SBH. Hadir Kepala Bidang Kesehatan Dinkes Kulonprogo, drg. Hunik Rimawati, M.Kes, Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Dewi Ratnawati, SKM, MPH.

Dalam sambutannya, Dewi Ratna menyampaikan bahwa “Koordinasi SBH Kabupaten Kulonprogo hal ini dilaksanakan dalam rangka penguatan, terutama di pendalaman krida-krida Saka Bakti Husada, ada 6 krida, ditambah dengan bidang PPDG atau P3K”. Juga disampaikan harapannya agar peserta dapat menyampaikan pesan kesehatan ke temannya di sekolah, atau bahkan bisa mengajak bergabug dengan SBH.

Sementara itu, Hunik menyampaikan bahwa semua anggota SBH yang hadir diharapkan bisa mengetahui tentang kesehatan.  “ Saya berharap dengan ikut SBH, Anda lebih tahu tentang masalah kesehatan. Dan ketika Anda tahu, tidak akan bermanfaat ketika hanya berhenti di kita, jadi harus ditularkan ke sebayanya ”, terangnya.

Acara dilanjutkan dengan paparan narasumber dari Dinas Kesehatan Kulonprogo, Pinsaka bakti Husada Kabupaten Kulonprogo, Kepala Puskesmas Panjatan II (Akupresur), Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan. Kegiatan dilaksanakan dengan ceramah tanya jawab, diskusi kelompok dan pendalaman praktek. MC Kulon Progo/Henry