Gubernur DIY Tinjau Progres Pembangunan NYIA

Sri Sultan HB X optimis terhadap pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA), bahwa bandara tersebut akan dapat segera beroperasi pada bulan April 2019. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur DIY saat meninjau progres pembangunan NYIA ) di Temon, Kulon Progo, Selasa (8/1/2019).

 

"Saya berharap target pembangunan NYIA dapat segera tercapai, sehingga pada bulan April mendatang dapat beroperasi untuk penerbangan internasional," ungkapnya.

 

Gubernur DIY tersebut menyoroti beberapa hal terkait kesiapan NYIA di antaranya meliputi ketinggian landasan pacu pesawat yang harus benar-benar seimbang supaya saat memasuki musim hujan landasan tersebut tidak tergenang air.

 

"Bangunan ini harus kita selesaikan dengan baik, meskipun waktunya tidak lama. Jangan sampai nanti ketinggian landasannya tidak seimbang,” katanya.

 

Secara lebih lanjut Sultan mengingatkan kepada PT. Angkasa Pura (AP) 1 dan PT. Pembangunan Perumahan (PP) selaku pelaksana proyek untuk tetap mengedepankan profesionalitas kerja.

 

“Ini penting, agar kualitas infrastruktur NYIA yang dikebut pembangunannya untuk membuka penerbangan internasional pada jadwal yang ditentukan tetap terjaga, dan dapat beroperasi sesuai jadwal yang telah disepakati,” ungkap Sultan.

 

Direktur Teknik AP I Lukman Laisa mengatakan pembangunan Bandara NYIA sudah sesuai waktu yang ditetapkan meskipun ada persoalan lain yang masih harus dilaksanakan, yakni pembersihan tambak udang di sisi selatan runway.

 

“Saat ini tambak udang masih beroperasi, padahal lokasi tersebut akan menjadi kawasan hijau yang menjadi tanggung jawab PT AP I,” ujarnya.

 

Sementara itu Direktur Utama AP 1, Faik Fahmi menyatakan meski dalam pembangunan NYIA ini berlangsung cepat, pihaknya tetap mengedepankan kualitas.

 

“Pada bulan April mendatang kami menarget dari sisi Airset untuk runway telah selesai 100 persen dengan luas 3.250 meter sedangkan untuk bangunan terminal akan diselesaikan seluas 12.000 meter," ujar Faik. 


Related Articles