Dukung OGP Daerah, Kulon Progo Laksanakan Finalisasi RAD

MediaLink dan IDEA bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo melaksanakan Workshop Finalisasi Rencana Aksi Daerah Open Government Partnership (RAD OGP) Kabupaten Kulon Progo, di Ruang Binangun IV, kompleks Pemkab. Senin (31/12). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan bersama tentang RAD OGP tahun 2018-2020 yang berfokus pada kualitas pelayanan publik, program bela beli Kulon Progo, satu data, akuntabilitas,perencanaan dan penganggaran, serta sistem aduan kabupaten.

OGP mempunyai karakteristik yang meliputi pendekatan baru yang berinisiatif global, beorientasi aksi, mendorong pemerintah kabupaten Kulon Progo untuk semakin terbuka, akuntabel. Hal tersebut disampaikan Darwanto selaku Direktur Eksekutif Media Lintas Komunitas (MediaLink)

“Kulon Progo sudah transparan melalui smart city tapi masyarakat belum menggunakannya secara optimal maka harus ada kesepakatan bersama antara masyarakat dengan pemerintah daerah sehingga masyarakat dapat mengawasi jalannya pemerintahan,” ujarnya.

Darwanto sekaligus sebagai sekretaris CSO-OGP menuturkan bahwa Kulon Progo berkesempatan untuk menjadi bagian dari OGP.

“Kita akan mengajukan kembali daerah-daerah di Indonesia untuk mengikuti seleksi OGP. Kulon Progo masuk dalam enam daerah yang diajukan bersama daerah lainnya seperti kota Solok, Wonosobo, Pontianak dan lainnya,” Ungkap Darwanto.

Tenti Novari Kurniawati dari Deputi Pengembangan Program Perkumpulan Institute of Development and Economic Analysis (IDEA) menambahkan bahwa Indonesia juga mempunyai Rencana Aksi Nasional (RAN) namun tidak diwajibkan untuk dilaksanakan di setiap daerah. Rencana Aksi Daerah dibuat untuk mendukung OGP dimasing-masing daerah.

“Rencana aksi ini bukan untuk membebani sehingga harus dipertimbangkan dengan kondisi saat ini dan diperlukan komitmen bersama untuk melaksanakannya”. Kata Tenti

Tenti juga menambahkan bahwa pelaksanaan rencana aksi dapat diagendakan dan dievaluasi setiap triwulan sehingga dalam finalisasi RAD ini diharapkan dapat ditentukan rencana aksi yang akan dilaksanakan oleh setiap OPD dalam tahun 2018-2020.

“harapannya hari ini dapat tercipta kesepakatan bersama dengan ukuran yang jelas dan detil dalam masing masing rencana aksi,” katanya.


Related Articles