MAL PELAYANAN PUBLIK KULON PROGO SEGERA LAUNCHING

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kulon Progo segera launching. MPP merupakan tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan atau pelayanan administrasi di Kulon Progo. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kulon Progo, Agung Kurniawan S.IP. M.Si. pada acara Jumpa Pers di gedung MPP, jalan KH Ahmad Dahlan, Wates. Kamis (27/12).

Soft launching akan dilaksanakan besok pagi, Jumat 28 Desember 2018, untuk  grand launching rencananya pada bulan Maret 2019,” kata Agung.

MPP diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kulon Progo dengan tujuan untuk meningkatkan integritas dalam memberikan kemudahan berusaha dan pelayanan publik di Kabupaten Kulon Progo.

Terkait lembaga pelayanan publik yang tersedia di MPP, Agung Kurniawan S.IP. M.Si menuturkan bahwa akan ada 121 jenis layanan meliputi 12 Kementrian/Lembaga Vertikal/Badan Usaha dan 9 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Jenis pelayanan publik yang ada di MPP contohnya dari Polres Kulon Progo seperti Pelayanan Penerbitan SKCK, Pelayanan Perpanjangan SIM dan lainnya. Jenis Pelayanan Kantor Imigrasi antara lain Pelayanan Konsultasi dan Informasi Keimigrasian, Pelayanan Penerbitan Paspor,” ungkap Agung.

Sedangkan dari OPD di Kulon Progo yang terlibat di MPP antara lain Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas PMPT, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial PPPA, Dinas Nakertrans, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Disampaikan lebih lanjut oleh Agung Kurniawan S.IP. M.Si bahwa dalam pelaksanaan MPP yang terkait dengan perizinan menggunakan Online Single Submission (OSS) hal tersebut sebagai bentuk layanan satu pintu berbasis jaringan guna memangkas waktu pelayanan kepada masyarakat dan juga investor.

“Diharapkan dengan adanya Mal Pelayanan Publik dan sistem perizinan menggunakan OSS, pelayanan publik di Kulon Progo semakin baik, cepat, mudah, aman dan nyaman,” ujarnya.


Related Articles