Peduli Keselamatan, Wakapolres Kulon Progo Jadi Pembina Upacara

WATES. Wakapolres Kulon Progo, Kompol Dedi Surya Dharma, S.H.,S.I.K, M.M. menjadi pembina upacara di halaman Pemerintah Daerah (Pemda) Kulon Progo. Senin (3/12). Upacara yang rutin terlaksana setiap hari Senin terasa berbeda.

Dalam upacara tersebut Kompol Dedi Surya Dharma, S.H.,S.I.K, M.M. membacakan amanat dari Kapolres Kulon Progo tentang keselamatan berlalu lintas. Kompol Dedi menyampaikan kecelakaan lalulintas sering terjadi karena adanya pelanggaran serta tidak tertibnya pengendara di jalan raya selain itu masih rendahnya kesadaran para pengguna jalan tentang tata tertib lalu lintas.

“Kecelakaan lalu lintas bisa terjadi kepada siapapun, kapanpun, dimanapun. Data GAR LANTAS dari bulan Januari hingga Juni 2018 sebanyak 14.100 pelanggaran lalu lintas dengan jumlah kasus kecelakaan 207 kejadian, korban meninggal dunia 27 orang, luka berat 4 orang dan kerugian materiil Rp 122.810.000,-,” katanya.

Upaya Polres Kulon Progo dalam mendukung pembangunan di Kulon Progo adalah dengan menejemen bidang lalu lintas melalui program “Menuju Kabupaten Kulon Progo Tertib Berlalu Lintas dan Berkeselamatan.”

Kompol Dedi menambahkan Kabupaten Kulon Progo mendapatkan kesempatan yang baik dengan adanya pembangunan Bandara NYIA di Temon namun sebagai dampaknya terjadi peningkatan mobilitas dan volume kendaraan dalam kapasitas jalan. Sehingga etika dan budaya tertib dalam berlalu lintas perlu untuk ditingkatkan.

“Budaya tertib berlalu lintas merupakan cerminan budaya bangsa, kesadaran tertib dan disiplin berlalu lintas di Kulon Progo akan meningkatkan citra Kulon Progo tertib berlalu lintas dan zero accident,” ujarnya.

Untuk mewujudkan program menuju Kulon Progo Tertib Berlalu Lintas dan Berkeselamatan, Polres Kulon Progo mengajak seluruh peserta upacara untuk bersama-sama menyampaikan pentingnya kesadaran tertib berlalu lintas, menyampaikan penggeloraan ketertiban berlalu lintas dimulai keteladanan dari diri sendiri.

“Jaga diri kita, keluarga kita, anak-anak kita dari resiko kecelakaan lalu lintas. Mari kita peduli keselamatan berlalu lintas,” pungkas Kompol Dedi.


Related Articles