Kulon Progo Color Fun, Jiwa Sehat Bebas HIV AIDS

Mahasiswa D3 Sekretari UNY Kampus Wates yang tergabung dalam RORO Production bekerja sama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Kulon Progo menggelar kegiatan Kulon Progo Color Fun di Alun-alun Wates, Minggu (2/12).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Kulon Progo, dr. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K). Dihadiri Wakil Bupati KulonProgo Drs. H. Sutedjo, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Kulon Progo, drg. Th. Baning Rahyujati, M.Kes.,Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Jumanto, S.H. dan Kepala Bidang Pora Rusdi Suwarno, S.IP., M.M.

Ketua panitia, Kurniawati Setyabudi menyampaikan tema yang dipakai adalah “Warnai Harimu untuk Jiwa Sehat Bebas HIV AIDS” sementara tujuan diadakannya Kulon Progo Color Fun selain memperingati Hari AIDS Sedunia 2018 yang jatuh pada tanggal 1 Desember juga untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai hidup sehat dan membangkitkan kesadaran tentang HIV AIDS.

“Rangkaian kegiatan Kulon Progo Color Fun terdiri dari running competition sejauh 5 kilometer, senam zumba, dan pesta warna,” ungkapnya

Terkait dengan peserta, Kurniawati mengungkapkan lebih lanjut bahwa peserta tidak hanya berasal dari Kulon Progo namun juga berasal dari daerah lain.

“Yang mengikuti acara ini tidak hanya dari Kulon Progo, ada yang berasal dari Magelang, Gunung Kidul, Klaten, Semarang. Jumlah peserta running competition sebanyak 106 orang dan peserta senam zumba sebanyak 250 orang,” katanya.

Peserta running competition, Andri Ahmad dari Gunung Kidul mengaku senang mengikuti kegiatan Kulon Progo Color Fun karena dapat menambah pengalaman dan juga menjaga kebugaran dengan berlari. Momennya sangat pas untuk mengajak para generasi muda sadar akan HIV AIDS.

“Kegiatan ini sangat bagus, dapat menambah pengalaman. Selain itu juga mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan bugar dengan berolahraga lari. Mudah-mudahan tiap tahunnya rutin diadakan,” kata Andri.

Bupati Kulon Progo, dr. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K). Menyambut baik adanya kegiatan Kulon Progo Color Fun untuk meningkatkan masyarakat tentang pola hidup sehat dan juga sadar akan HIV AIDS.

“Penderita HIV AIDS yang ada di Kulon Progo lebih dari 100 orang namun yang harus dipahami adalah jangan menjauhi orangnya karena belum tentu mereka bersalah. Untuk mencegah HIV AIDS salah satunya dengan melakukan kegiatan sex yang sehat, tidak gonta ganti pasangan” papa Hasto.

Sementara itu Duta HIV AIDS DIY, Fahri Mudzaki mengajak masyarakat Kulon Progo untuk “Jauhi Penyakitnya, Bukan Orangnya”.

“Orang dengan HIV AIDS dikenal dengan istilah ODHA, mereka sama dengan kita hanya saja mereka spesial. Mereka butuh dukungan dari kita. Mari kita dukung mereka untuk mematuhi pengobatan, untuk tetap minum obat sehingga mereka tidak merasa dikucilkan dan tetap semangat menjalani kehidupan,” ujar Fahri.


Related Articles