Rumah Data Kependudukan Ngramang Diresmikan

Pengasih - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY meresmikan rumah data kependudukan kampung KB di Ngramang Desa Kedungsari, Pengasih Kulon Progo, Rabu (28/11). Peresmian ditandai pemotongan pita dilanjutkan pelantikan pengurus rumah data kependudukan oleh Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo.

Acara dihadiri Sekretaris BKKBN DIY, Dra. Ellya Nunuk Trihastuti, Perwakilan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) DIY, Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat pemerintaha desa pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo Sudarmanto, serta mitra kerja BKKBN dan masyarakat dusun Ngramang.

Kepala Desa Kedungsari, Sabingin mengatakan bahwa Kampung KB Ngramang diresmikan pada akhir 2017. Kampung KB Ngramang menjadi pemantik semangat masyarakat untuk membangun dan mengembangkan dusun Ngramang secara optimal.

“Beberapa pembangunan yang telah terlaksana meliputi pembuatan tiga gorong-gorong serta pembuatan jalan. Pemberdayaan masyarakat turut dilaksanakan salah satunya melalui program PKK yakni pembuatan deterjen, tambir, serta olahan makanan” terang Sabingin. 

Sementara Sekretaris BKKBN DIY, Dra. Ellya Nunuk Trihastuti mengungkapkan salah satu kriteria terpilihnya suatu wilayah menjadi Kampung KB adalah partisipasi masyarakat yang cukup tinggi. Modal tersebut menjadi penggerak masyarakat untuk  saling bekerjasama meningkatkan kesejahteraan dari berbagai sisi.

“Kampung KB telah dimulai sejak tahun 2016, diawali lima Kampung KB dimasing-masing Kabupaten/Kota DIY, kemudian tahun 2017 bertambah 78 dan tahun 2018 bertambah lagi 73 kampung KB di DIY. Upaya untuk pengendalian penduduk salah satunya dengan mensosialisasi dan memahamkan dampak dari kependudukan kepada masyarakat,” ungkap Ellya.

Sedangkan Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo mengatakankan bahwa rumah data kependudukan sangatlah penting. Semua bersumber dari data, jika data yang digunakan benar maka perencanaan juga akan benar dan pelaksanaannya juga akan benar.

“Rumah data sebagai pengejawantahan data yang bersumber dari masyarakat untuk masyarakat,” kata Sutedjo.

Lebih lanjut Sutedjo menjelaskan bahwa rumah data kependudukan di Ngramang  merupakan yang pertama di Kulon Progo. Data yang ada meliputi data pendapatan keluarga, demografi, monografi dan data – data lainnya.


Related Articles