Pemda Kulon Progo Gelar Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54

Wates - Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Kulon Progo di Halaman Pemkab Kulon Progo, Senin (12/11). Dengan mengambil tema "Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita"  yang diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) serta Dinas Kesehatan dengan Inspektur Upacara Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp. OG(K).

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN), telah dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya, lomba tenaga kesehatan teladan tahun 2018/2019, Lomba menulis artikel, lomba edukasi sehat, lomba implementasi germas di desa siaga. Bupati Kulon Progo memberikan penghargaan kepada 34 orang pemenang lomba yang telah diadakan dalam rangka menyambut HKN.


Bupati Kulon Progo Hasto wardoyo yang membacakan  sambutan tertulis Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) mengatakan bahwa Derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serat dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive-prevebtif tanpa mengabaikan kuaratif dan rehabilitatif


“Capaian keberhasilan seperti Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sumber daya manusia kesehatan, pembangunan dan mutu infrastruktur kesehatan, pencapaian pengendalian HIV/AIDS di Indonesia. Namun, masih ada permasalahan kesehatan seperti tingginya angka kematian ibu, kurang gizi maupun penyakit menular. Maka dari itu, diharapkan kepada seluru puskesmas serta para tenaga kesehatan harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat dan secara aktif melakukan promosi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) sehingga permasalahan kesehatan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya,” katanya.


Nila diakhir sambutannya menyampaikan pesan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait. Oleh karena itu, Kementrian Kesehatan mendorong terlaksananya GERMAS yang apabila masyarakat hidup sehat dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.


GERMAS bisa dilakukan dengan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara rutin, menggunakan jamban sehat, tidak mengonsumsi alkohol, tidak merokok serta membersihkan lingkungan.


Related Articles