KPBU Ringankan Pembangunan Nasional

Wates -  Focus Group Discussion (FGD) Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) digelar di Ruang Bale Agung Kompleks Pemda Kulon Progo, Senin (5/11). Kegiatan ini dihadiri oleh Ade Hendraputra, S.T. M.Sc. dari Direktorat Kerjasama Pemerintah Swasta dan Rancang Bangun Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Andianto Haryoko, S.T., M.Si. dari Direktorat Energi, Telekomunikasi dan Informatika (ETI) Bappenas, Taufiq Prihadi, S.E. selaku Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kulon Progo, Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati, serta perwakilan dari beberapa OPD di Kulon Progo.

Ade Hendraputra, S.T. M.Sc. memaparkan bahwa pemerintah saat ini sedang berupaya untuk mendorong pembangunan secara cepat, dan salah satu cara yang ditempuh yaitu dengan KPBU.

KPBU merupakan kerjasama antara pemerintah dengan badan usaha terkait penyediaan infrastruktur untuk kepentingan umum dengan mengacu kepada spesifikasi yang telah ditetapkan Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) yang sebagian atau seluruhnya menggunakan sumber daya Badan Usaha dengan memperhatikan pembagian risiko di antara para pihak.

Akhid Nuryati mengungkapkan bahwa KPBU merupakan salah satu hal yang sangat dicita-citakan pelaksanaannya oleh DPRD Kulon Progo. Hal tersebut diungkapkan Akhid lantaran adanya kesadaran atas adanya keterbatasan dalam hal keuangan.

“Karena dengan adanya Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA), kami meyakini banyak sekali program-program yang seharusnya di-KPBU-kan. Sehingga, kami berharap dengan adanya FGD KPBU ini betul-betul bisa membuat pelaksanaan KPBU yang baik di Kulon Progo,” tambahnya.

Selain itu, Taufiq Prihadi, S.E. menyampaikan bahwa di DIY sudah ada empat kegiatan yang di-KPBU-kan untuk mendukung NYIA dan tiga diantaranya di Kulon Progo. Kegiatan-kegiatan tersebut yaitu Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan di Bantul, Pelabuhan Tanjung Adikarta di Kulon Progo, Sistem Penyediaan Air Minum – Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (SPAM Kapet) di Kulon Progo, dan Jogja Agro Techno Park (JATP) di Kulon Progo.



Related Articles