86 Unit Kerja SD & TK Ikuti Pendidikan dan Pelatihan Non Formal Pengelolaan Website

Wates - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga (Dikpora) Kulon Progo menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Non Formal, Senin (5/11) bertempat di ruang Sadewa dengan materi Pengelolaan Website. Selain itu juga materi tentang Administrasi Keuangan, Administrasi Kepegawaian Program Peningkatan Sarana/Prasarana Kerja dan Kualitas Sumber Daya Manusia OPD yang akan dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis berikutnya.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo, Drs. Sumarsana M. Si., dan juga dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs. Rudiyatno, M.M, yang menyampaikan mengenai program Smart City dan Kebijakan Pengelolaan Website di Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan harapan peserta mampu memahami pentingnya keterbukaan informasi publik.

Smart City ingin memanfaatkan teknologi untuk informasi agar cepat dilayani, tetapi tidak semua informasi dapat dipublikasikan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 102 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Website Resmi Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.” ungkap Rudi.

Acara selanjutnya diisi oleh Staf Bidang Aplikasi dan Teknologi Informatika, Supri, S.ST dari Dinas Informasi dan Komunikasi, dan Bayuarga Damar selaku Dewan Smart City menyampaikan mengenai Teknik Pengambilan dan Editing Foto dan Video dengan tujuan agar peserta mampu mengambil foto dan video serta mengeditnya.

Materi berikutnya disampaikan oleh Kepala Seksi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Heri Widada. S.IP., M.M dengan materi Teknik Penulisan Naskah Berita dengan memperkenalkan profile singkat Dinas Komunikasi dan Informatika dan menjelaskan sedikit tentang Jurnalistik dan Proses dalam Pembuatan Berita, dengan harapan peserta mampu menulis naskah berita yang benar untuk website yang mereka miliki.

Terakhir mengenai Pengembangan Sistem Informasi yang diisi oleh Kepala Bidang Aplikasi Teknologi dan Informatika, Sutarman, S.ST.,M.Eng dengan harapan peserta mampu mengembangkan sistem informasi ke publik.

Kepala Sub Bagian Umun dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Kulon Progo Septi Wahyuni S.IP menuturkan peserta pelatihan berjumlah 86 orang terdiri dari unsur Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak serta Sekolah Menengah Pertama di 12 Kecamatan.


Related Articles