Songsong NYIA: Bupati Kulon Progo Dialog Bareng UMKM

Wates - Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), melakukan dialog dengan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Kulon Progo di Ruang Adhikarta, kompleks Pemerintah Daerah Kulon Progo, Senin (5/11). Dialog dilaksanakan dengan mengambil tema “Menyikapi Keberadaan Bandara Untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

Selain dihadiri oleh Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), turut hadir Project Manager NYIA, Tauchid Purnomo Hadi serta para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

“Kulon Progo akan menjadi tempat transit ribuan orang setiap harinya, jadi potensi untuk mengembangkan produk lokal sangat besar, seperti produk AirKu dan ToMiRa yang nantinya harus ada di sana. Dengan adanya NYIA diharapkan kesejahteraan masyarakat Kulon Progo akan lebih meningkat, bukan hanya menjadi penonton saja” ungkap Hasto.

Tidak hanya produk makanan dan kerajinan namun kota yang terletak di Barat Daerah Istimewa yogyakarta ini, juga memiliki banyak potensi wisata yang akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berbelanja oleh-oleh.

Tauchid mengatakan kebanyakan masyarakat lebih memilih belanja oleh-oleh di luar bandara mengingat harga yang ditawarkan, mereka yang mau berbelanja dibandara hanyalah kalangan tertentu ataupun mereka yang transit untuk menunggu penerbangan selanjutnya.

“Namun produk-produk lokal Kulon Progo bisa dipasang dietalase bandara sebagai sarana promosi seperti batik produksi asli Kulon Progo,” tambah Tauchid.

Salah satu pelaku usaha, Bambang Ratmoko mengatakan bahwa diperlukan koordinasi antara investor dengan pelaku usaha supaya sinkron dengan semua pihak, hal ini juga demi kelancaran NYIA untuk generasi yang akan datang.

Sementara, peserta lainnya Maryono berharap adanya bandara akan menjadi peluang bagi masyarakat Kulon Progo.

“Saya berharap masyarakat Kulon Progo memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan konter di bandara, jangan sampai orang luar yang menguasai konter,” kata Maryono.


Related Articles