Gali Potensi Siswa-Siswi Kulon Progo Melalui Debat Bahasa Indonesia

Pengasih- Lomba Debat Bahasa Indonesia tingkat SMA/SMK/Sederajat yang berlangsung Minggu (4/11) di SMK Negeri I Pengasih. Lomba tersebut diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari beberapa sekolah meliputi SMA N I Girimulyo, SMK Kesehatan CSI, SMK BOPKRI Wates, SMKN II Pengasih, MAN I Kulon Progo, SMA Lendah, SMA N I Pengasih, SMA N II Wates, SMA N I Wates, SMA I Temon, SMK Tamansiswa Nanggulan, MAN II Kulon Progo, SMA N  I Kalibawang, dan SMA IT ABU BAKAR. Acara dimulai dari pukul 07.30 WIB  sampai 18.15 WIB, dengan mengambil tema “Pendidikan Di Indonesia.

Acara dibuka dengan sambutan dari perwakilan Balai Pendidikan Menengah (DIKMEN) Kulon Progo yaitu Agus Priyantoro, S.Pd.,M.Pd. Dalam sambutannya tersebut, Agus berharap bahwa kedepannya acara seperti ini dapat diselenggarkan ditahun-tahun berikutnya.

Ketua Ikatan Mahasiswa Kulon Progo (IMKP) yaitu Itsnaini Mufti Azizah menyampaikan acara ini merupakan acara yang pertama kali diselenggarakan oleh IMKP yang bekerjasama dengan Balai DIKMEN.

“Tujuan dari acara ini adalah mencari pemenang Lomba Debat Bahasa Indonesia ditingkat Kabupaten Kulon Progo,” ujar Itsnaini.

Juri pada acara lomba ini merupakan alumni siswa Kabupaten Kulon Progo yang pernah mengikuti lomba debat tingkat Nasional. Jumlah juri sebanyak 10 orang yang berasal dari beberapa sekolah antara lain Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Universitas Negeri Solo, dan masih banyak lainnya.

Antonius Dendi siswa SMA N I Temon menuturkan bahwa dia diajukan oleh pihak sekolah untuk mengikuti Lomba Debat Bahasa Indonesia. Namun timnya memiliki kendala yaitu perbedaan pendapat meskipun pada akhirnya dapat ditemukan jalan keluar.

“Semoga instansi-instansi yang lain juga menyelenggarakan lomba seperti ini, kebetulan kami mendapat tema yang cukup menarik yakni tentang Pendidikan keluarga lebih penting daripada pendidikan formal,” ujarnya.

Hasil akhir Lomba Debat Bahasa Indonesia ini juara I diraih SMAN I Wates, juara II diraih SMAN I Pengasih, dan juara III diraih SMA IT Abu Bakar, untuk juara pembicara terbaik dimenangkan Intan Putri Utami dari SMAN I Wates.


Related Articles