Seluruh OPD Komitmen Laksanakan Smart City Kulon Progo

Wates - Untuk mewujudkan Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia, Pemerintah Daerah Kulon Progo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek), Penyusunan Master Plan Smart City dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Kulon Progo sekaligus Penandatanganan Komitmen di Ruang Sermo kompleks Pemda, 1 hingga 2 November 2018.

Sebagai narasumber unsur Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Dwi Elfrida, S.IP., M.PP dan Tim Ahli dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Dr. Tech. Wikan Danar Sunindyo S.T., M.Sc.

Smart City di Kulon Progo harus dinikmati oleh seluruh masyarakat dan semakin sadar mewujudkannya, yakni menjadi kota yang cerdas yaitu kota yang bisa memanfaatkan sumber dayanya secara efektif, efisien dan melakukan inovasi-inovasi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Seperti di Kabupaten Kulon Progo yang memiliki potensi luar biasa selain adanya New Yogyakarta International Airport (NYIA), juga memiliki potensi seperti Sumber Daya Manusia (SDM), pariwisata, pertanian, hal ini harus dikelola dengan baik sehingga bisa menyejahterakan masyarakatnya,” ungkap Dr. Wikan.

Turut hadir Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp. OG(K), Asisten III Sekretaris Daerah Kulon Progo, Drs. Djoko Kus Hermanto, M.M, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tim Pelaksana Teknis Smart City dan BUMD Kabupaten Kulon Progo.

“Bimtek menuju 100 Smart City Kulon Progo sudah dilaksanakan IV tahap, yaitu tahap I pada bulan Juli, tahap II bulan Agustus, serta tahap III bulan Oktober dan hari ini tahap IV atau tahap terakhir dimana nantinya akan difinalisasi Master Plan Smart City Kulon Progo. Untuk memantapkan komitmen dan dukungan implementasinya mohon Bapak Bupati dan seluruh Kepala OPD untuk menandatangani naskah komitmen pelaksanaan pembangunan Smart City Kabupaten Kulon Progo,” ungkap Drs. Rudiyatno, M.M, dalam laporannya.

Bimtek tahap IV atau tahap terakhir dengan menghasilkan buku master plan smart city yang disusun dengan melibatkan dan menampung usulan perangkat daerah, yang nantinya akan menjadi roadmap atau peta jalan Smart City Kulon Progo.

Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo, Sp. OG(K) mengatakan bahwa Kulon Progo merupakan satu diantara 50 Kabupaten atau kota yang terpilih, dengan ini semoga layanan pemerintah Kabupaten Kulon Progo dapat lebih cepat dan efisien, memudahkan warganya dalam aksebilitas, terutama pelayanan yang akan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat dan diharapkan seluruh stakeholder konsisten, komitmen serta kompak melaksanakan Kulon Progo Smart City untuk Kulon Progo yang lebih baik.

“Kita juga telah melakukan evaluasi setiap tiga bulan guna mempercepat implementasi quick win, sehinga OPD yang masih kuning dan merah bisa belajar lebih keras lagi,” ujar Hasto.


Related Articles