Pemkab Kulon Progo Bangun Fiber Optic

Wates - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulon Progo menyelenggarakan sosialisasi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tentang pembangunan infrastruktur teknologi informasi dengan jaringan Fiber Optic (FO), di Gedung Binangun IV kompleksPemda Kulon Progo, Rabu (31/10). Dihadiri oleh 17 OPD, di antaranya yaitu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Inspektorat Daerah, Dinas Pariwisata dan stakeholder terkait.

Maksud diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk menyamakan persepsi dan meminimalisir permasalahan yang mungkin timbul pada saat pelaksanaannya terkait rencana  pembangunan jaringan infrastruktur internet oleh pemkab Kulon Progo. Sebagaimana kita ketahui Kabupaten Kulon Progo akan segera mewujudkan program Smart City, dan untuk itu perlu menyiapkan sarana pendukungnya diantaranya penyediaan sarana prasarana teknologi, berupa pembangunan atau pengembangan jaringan teknologi informasi yang memadai,” ujar Sekretaris Diskominfo Kulon Progo, Heri Darmawan, A.P, M.M.

 

Disamping itu merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan diantaranya pemenuhan kebutuhan internet yang terus meningkat, integrasi data dan sistem informasi, data center serta keamanan informasi. Diharapkan tahun 2019 seluruh OPD di Kulon Progo sudah terpasang jaringan FO sampai tingkat kecamatan.

 

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika, Sutarman S.STP., M.Eng menjelaskan OPD yang akan dipasang jaringan meliputi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Inspektorat Daerah, Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan KB, Satuan Polisi Pamong Praja, Sekertariat DPRD, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kecamatan Pengasih, Dinas Kelautan dan Perikanan, RSUD Wates, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, UPTD BLK dan Dinas Perhubungan.

 

“Kami membutuhkan dukungan dan masukan dari berbagai OPD maupun stakeholder agar pembangunan jaringan TI untuk mendukung Smart City Kulon Progo dapat berjalan dengan lancer,” ujarnya.

 

Adapun pelaksana pekerjaan tersebut adalah CV. ALBIS dan PT Global Prima Utama yang berkantor di Yogyakarta. Dari pihak pelaksana pekerjaan menjelaskan tentang teknologi fiber optic, rencana detail pembangunan, target waktu dan hal-hal lain yang perlu diketahui OPD.

 

“Ini adalah kerjasama yang paling prestige selama CV ALBIS berdiri.” ucap Bambang Viantoro sebagai administrasi dan logistik CV ALBIS saat ditemui setelah acara.


Related Articles