Menguatkan Open Government Partnership (OGP) Kulon Progo

Wates - Dalam rangka meningkatkan performa pemerintahan, mendorong partisipasi warga dan memperbesar daya tanggap pemerintah kepada warga di Kabupaten Kulon Progo, Medialink dan Idea bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo melaksanakan workshop Penguatan Pelaksanaan Open Government Partnership (OGP) di Aula Adhikarta Komplek Pemda. Rabu (17/10).

OGP dihadiri oleh Direktur Eksekutif Medialink sekaligus Sekretaris CSO-OGP Darwanto, Tenaga Ahli II Kantor Staf Presiden (KSP) Agung Hikmat, Wakil Bupati Kulon Progo Drs. Sutedjo, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kulon Progo Akhid Nurhayati, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs. Rudiyatno, MM. serta seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kulon Progo.

Workshop OGP dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembukaan dari Wakil Bupati Kulon Progo. Dalam pembukaannya, Sutedjo mengatakan bahwa ada lima outline dalam OGP di Kabupaten Kulon Progo diantaranya integritas dan etika, transparansi, akuntabilitas, layanan publik dan satu data.

“Salah satu contoh pemerintahan terbuka di Kabupaten Kulon Progo yaitu pelaksanaan pelantikan dilakukan sesuai mekanisme lelang jabatan dan uji kompetensi secara terbuka dan transparan, serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) terutama dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas layanan publik,” ungkapnya.

“42 OPD di Kabupaten Kulon Progo telah melakukan penandatanganan pakta integritas dalam rangka perbaikan layanan serta keterbukaan pemerintahan bisa dilihat di portal satu data,” tambah Sutedjo.

Setelah workshop dibuka oleh Wakil Bupati Kulon Progo dilanjutkan dengan diskusi pelaksanaan OGP di Kulon Progo dari beberapa narasumber salah satunya Tenaga Ahli II KSP Agung Hikmat yang membahas mengenai Peran KSP dalam menguatkan OGP. 


Related Articles