1.077 Peserta Ikuti Lari Manunggal XXXII

Lomba Lari Manunggal Kabupaten Kulon Progo kembali diselenggarakan untuk yang ke-32 kalinya dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari jadi Kabupaten Kulon Progo ke-67, Kamis (11/10). Kegiatan ini diikuti oleh 1.077 peserta dengan kategori Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) Putra dan Putri, Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) Putra dan Putri, serta Umum Putra dan Putri. Bupati Kulon Progo Dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) hadir dan membuka secara langsung lomba di Lapangan Kaliagung (Sentolo). Turut hadir dalam acara tersebut Ketua KONI Kabupaten Kulon Progo Bambang Gunoto, S.Pd, Kapolsek, Kapolres, serta Komandan Kodim.

 

Seluruh peserta memulai lari dari Lapangan Kaliagung (Sentolo) sebagai start dengan finish di Lapangan Pengasih (jarak lari 5 km) bagi kategori SD, dan Alun-alun Wates (jarak lari 10 km) bagi kategori SMP dan umum.


Bambang Gunoto menuturkan bahwa Lari Manunggal tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, jika pada tahun sebelumnya peserta dapat berasal dari luar Kulon Progo, pada tahun ini peserta dikhususkan bagi masyarakat Kulon Progo. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi antusias warga, justru jumlah peserta tahun ini meningkat hingga melampaui 1.000 orang.


“Tahun ini peserta difokuskan hanya untuk atlet-atlet dari Kulon Progo. Tujuannya untuk mencari atlet-atlet lari Kulon Progo. Selain itu, untuk mencari atlet lari jarak menengah yang akan dipersiapkan ke Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2019 di Kota Yogyakarta,” ujarnya.

 

Drs. Sumarsana, M.Si. mengungkapkan Dinas Dikpora Kabupaten kulon progo sangat mendukung kegiatan yang positif seperti Lari Manunggal.

“Para atlet diharapkan dapat meningkatkan latihannya sehingga kedepan kita bisa mendapatkan atlet-atlet berprestasi,” katanya.

 

Kejuaraan Lari Manunggal kali ini mengambil juara satu, juara dua, juara tiga, juara harapan satu, dan juara harapan dua pada masing-masing kategori.


Kategori SD/MI Putra diraih oleh Oky Fibra Dafasya dari SD Negeri 6 Bendungan Wates sebagai Juara 1, Mangku Robbuna dari SD Negeri 6 Bendungan Wates sebagai Juara 2, Chandra Kurniawan dari SD Negeri Graulan sebagai Juara 3, Muksin dari SD Negeri 6 Bendungan Wates sebagai Juara Harapan 1, dan Jodi Nur Prasetya dari SD Negeri Gotakan sebagai Juara Harapan 2.

Kategori SD/MI Putri diraih oleh Deswinta Putri dari SD Negeri Cerme sebagai Juara 1, Vellony Avina Hasna dari SD Negeri 6 Bendungan sebagai Juara 2, Yuana Wulandari dari SD Negeri Kali Penten sebagai Juara 3, Eka Tri Wahyuningsih dari SD Negeri Kalirejo Kokap sebagai Juara Harapan 1, dan Pradenta Arum Sari dari SD Negeri Bojong sebagai Juara Harapan 2.

 

Kategori SMP/MTs Putra diraih oleh M. Ramadhan dari SMP Negeri 1 Panjatan sebagai Juara 1, Diki Sapto D. dari SMP Negeri 2 Wates sebagai Juara 2, Sholeh Saputra dari SMP Negeri 1 Pengasih sebagai Juara 3, Ismar Pia dari MTs Darul Ulum Galur sebagai Juara Harapan 1, dan Gusman M. Ahsani dari SMP Negeri 3 Wates sebagai Juara Harapan 2.

 

Kategori SMP/MTs Putri diraih oleh Aisyah Nuraini dari MTs Negeri 1 Kulon Progo sebagai Juara 1, Dinul Qoyinah dari MTs Darul Ulum Galur sebagai Juara 2, Naura Yulia P. dari MTs Darul Ulum Galur sebagai Juara 3, Anggun dari MTs Darul Ulum Galur sebagai Juara Harapan 1, dan Nanda Putri C.S. dari SMP Negeri 2 Wates sebagai Juara Harapan 2.

 

Kategori Umum Putra diraih oleh Joni Iskandar dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai Juara 1, Tomas Tanvele dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Bopkri Wates sebagai Juara 2, Jarwadi dari Dlaban, Sentolo sebagai Juara 3, Panca Nova S. dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Kalibawang sebagai Juara Harapan 1, dan Insafan H. dari SMK Bopkri Wates sebagai Juara Harapan 2.


Kategori Umum Putri diraih oleh Prabayu Ajeng S. dari Bojong (Panjatan) sebagai Juara 1, Vina Antarnusa dari SMA Negeri 1 Lendah sebagai Juara 2, Anggraeni Fitri Setiani dari SMA Negeri 1 Lendah sebagai Juara 3, Dewi Erfiani dari Kaliagung (Sentolo) sebagai Juara Harapan 1, dan Nurini dari SMK Muhammadiyah 1 Lendah sebagai Juara Harapan 2.

 

Masing-masing peserta peraih Juara 1, 2, dan 3 berhak mendapatkan piala, piagam, dan uang pembinaan. Sedangkan peserta peraih Juara Harapan 1 dan 2 berhak mendapatkan piagam dan uang pembinaan.


Related Articles