Hidup Sehat dengan Germas

Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 100 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Daerah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (RAD Germas) di Kabupaten Kulon Progo, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kesehatan adalah keadaan sehat secara fisik, mental, spiritual dan/atau sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sedangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan Kulon Progo Sehat.

 

RAD Germas di Kulon Progo dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan oleh instansi pemerintah, perangkat daerah, organisasi non pemerintah, masyarakat, dan pelaku lain di Kulon Progo yang nantinya akan dilakukan evaluasi setiap tiga bulan sekali sebagai upaya monitoring.

 

Ketua I RAD Germas Kulon Progo, Agus Sudarmadi, dalam kegiatan Forum Koordinasi Germas Kulon Progo yang diselenggarakan di Ruang Sermo, Komplek Pemda, Wates, Senin (8/10), menjelaskan bahwa tujuan dari RAD Germas yaitu, untuk mengajak masyarakat berperilaku sehat sehingga berdampak pada terjaganya kesehatan, meningkatnya produktivitas, terciptanya lingkungan yang bersih, serta berkurangnya biaya untuk berobat.

 

“ Ruang lingkup RAD Germas meliputi tujuh kegiatan utama; yaitu meningkatkan aktivitas fisik dan rohani, peningkatan perilaku hidup bersih, sehat dan tidak merokok; peningkatan perbaikan gizi melalui penyediaan pangan sehat, dan gerakan gemar makan ikan, buah dan sayur; gerakan imunisasi, pencegahan dan deteksi dini penyakit; peningkatan kualitas sanitasi dan jambanisasi; peningkatan edukasi hidup sehat; serta gerakan Keluarga Berencana,” ungkap Agus.

 

Indra Cahya Nugraha (Ketua II RAD Germas) menyampaikan bahwa dalam Peraturan Bupati (Perbup) Kulon Progo nomor 100 tahun 2017 tentang RAD Germas tidak hanya memberikan kewajiban kepada OPD, Pemda, atau instansi pemerintah.

“Germas menjadi kewajiban bersama antara OPD, Pemda juga dari masyarakat sendiri untuk meningkatkan derajat kesehatan.

Derajat kesehatan masyarakat itu kuncinya adalah di kesehatan masyarakat itu sendiri,” tutur Indra.


Related Articles