Pemkab Kulon Progo Studi Orientasi PPID ke Pemkot Magelang

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo diwakili oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kepala Dinas Kominfo beserta PPID Pembantu dengan jumlah total 42 orang melaksanakan Studi Orientasi terkait Pengelolaan PPID di Pemerintah Kota Magelang. Kamis (6/9).

Maksud dari kegiatan tersebut untuk belajar pengelolaan PPID dari Pemkot Magelang yang meraih predikat Badan Publik dengan Portal Open Data terbaik di Kabupaten Jawa Tengah tahun 2017. Hal tersebut disampaikan Rudiyatno, Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo selaku pimpinan rombongan dari Pemkab Kulon Progo.

“Kami tertarik dengan Pemkot Magelang yang pada tahun 2017 menjadi PPID terbaik di Jawa Tengah. Maksud dan tujuan kami adalah untuk saling bertukar informasi khususnya dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) kota Magelang terkait pengelolaan PPID. Sehingga ke depan kami dapat lebih baik lagi,” kata Rudi.

Rombongan Pemkab Kulon Progo diterima oleh Catur Budi Fajar selaku Kepala Diskominsta Kota Magelang. Catur menyampaikan ucapan selamat datang di Pemkot Magelang bahwa inti dari PPID dapat berjalan dengan baik terletak pada komitmen pimpinan daerah, selain itu kami kami tidak menutup mata dan tidak pelit memberikan informasi.

“Inovasi-inovasi yang telah kami punya kami berikan kepada teman-teman yang berkunjung kesini. Bukan hanya memberikan informasi namun kami juga menyerap informasi yang disampaikan oleh teman-teman yang berkunjung sehingga saling memberi dan menerima informasi,” ungkap Catur.

Catur juga menambahkan penyambung informasi dari Pemkot Magelang kepada masyarakat dan sebaliknya selain dengan adanya PPID juga dengan dibentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang telah terbentuk disetiap kelurahan yang ada di kota Magelang, Forum Media Tradisional  serta adanya Radio Magelang fm.

“PPID Pembantu mempunyai kewenangan untuk memberikan informasi kepada pemohon informasi, inovasi diperlukan supaya tidak tertinggal contohnuya dengan adanya website dan sosial media adalah cara mudah menyampaikan informasi secara umum. Kami juga telah membetuk KIM di masing-masing kelurahan dengan total ada 21 KIM dari 17 kelurahan,” katanya

Pemkot Magelang selama ini juga telah berkomitmen secara penuh terhadap PPID hal tersebut dibuktikan dengan penandatanganan komitmen bersama oleh setiap OPD terkait dengan PPID. Adanya Open Data Kota Magelang yang dapat dikunjungi di http://datago.magelangkota.go.id. Sistem Informasi DataGo merupakan manajemen data berbasis website untuk meningkatkan manajemen kualitas data melalui database terstruktur yang mampu menyajikan data dan statistik yang berkualitas, terupdate dan representatif.

“Aplikasi DataGo resmi dilaunching pada 30 Oktober 2014 oleh Walikota Magelang dan telah memiliki payung hukum dalam Peraturan Walikota Magelang Nomor 25 Tahun 2005 tentang DataGo sebagai Pusat Informasi Data Strategis Terpadu,” papar Catur selepas acara studi orientasi.

 


Related Articles