Arsip Kenali Negeri dan Budayamu

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo mengadakan pameran kearsipan selama tiga hari dan bookfair yang bekerja sama dengan Gramedia selama hampir satu bulan. Pameran kali ini dengan tema Arsip Kenali Negeri dan Budayamu, dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat daerah (OPD) Kulon Progo dan beberapa sekolah. Tujuan dari pameran agar dapat menunjukan koleksi arsip yang dimiliki Perpustakaan Kulon Progo, Bertempat di halaman Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Kulon Progo, Kamis (16/8).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo, Agus Santoso mengatakan bahwa Arsip merupakan rekaman peristiwa dalam bentuk apapun sesuai dengan kondisi dan situasi dengan kegiatan pameran arsip ini dapat mengenali arsip yang dimiliki Kulon Progo dapat mengenali negeri dan dapat mengenali budaya.

“Keberadaan arsip sangat penting bagi masyarakat untuk kondisi lingkungan dan budaya sekitar terutama Kulon Progo. Pentingnya arsip yaitu kita dapat mengetahui bagaimana negara kita ini dan juga pribadi” ujarnya Agus.

Selain pameran arsip juga ada Bookfair bekerjasama dengan Gramedia, beberapa buku yang terpajang dapat dibeli oleh sebagian masyarakat akan meningkatkan literasi dan informasi masyarakat.

“kita melawan kemiskinan dengan membaca karena sudah banyak sekali dengan membaca dapat memeningkatkan kesejahteraan, sehingga dengan bookfair ini dapat meliterasi masyarakat. Kita juga memiliki i-Kulon Progo dapat mengases dan meminjam buku melalui internet tanpa berbatas waktu seperi pelayanan kantor” ujar Agus.

Djoko Kus Hemanto sebagai Asisten Administrasi Umum Sekertariat Daerah Kabupaten Kulon Progo menyampaikan pesan Bupati Kulon Progo bahwa pengelolahan kearsipan sebaiknya melibatkan masyarakat dengan tujuan masyarakat dapat berperan serta dalam kearsipan yang meliputi peran serta perseorangan, organisasi, politik dan organisasi kemasyarakatan dalam penyelenggaraan kearsipan.

Perpustakaan Kulon Progo telah memiliki perpustakaan elektronik yang disebut iKulonProgo, semoga program tersebut dapat diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara lebih luas lagi. Dinas Perpustakaan diharapkan mampu menyajikan data data terbaru kulon progo, sehingga akan mempermudah bagi kalangan masyarakat atau pihak pihak yang membutuhkan data tersebut.

“Berharap semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat kabupaten Kulon Progo, kami berharap agara moment ini dapat di manfaatkan untuk memicu dan motivasi bagi kita semua untuk meningkatkan budaya baca baik untuk kita sendiri, keluarga maupun masyarakat luas” ujar Djoko.


Related Articles