Persiapan NYIA, Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Curug menyeleksi Bidang Kebandarudaraan

Seleksi bidang kebandarudaraan yang diselenggarakan Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Curug bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transportasi Kabupaten Kulon Progo. Seleksi ini diperuntukkan untuk penyelenggaraan diklat pemberdayaan masyarakat khususnya untuk diklat marseling dan helicopter landing official, Rabu (15/8).

Berdasarkan Perpres nomor 9 tahun 2017 terkait revitalisasi dengan memberikan kesempatan bagi lulusan SMK untuk diberikan kompetensi, untuk seleksi saat ini dibidang penerbangan bekerja sama dengan dinaskertrans dan ada permintaan resmi dari Bupati Kulon Progo terkait dengan pemenuhan SDM di bidang penerbangan.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo menambahkan trining tenaga kerja persiapan bandara bekerjasama dengan curug untuk pendidikan dan pelatihan diikuti lebih dari 200 orang.

“Saya senang karena ada banyak  keterampilan baru warga kulon progo hingga saat ini yang mengikuti trining bandara sudah sekitar 600 orang “ ujar Hasto.

Kepala Seksi Penyelenggara dan kerjasama diklat di balai pendidikan dan pelatihan terpadu, Tri Agung menyampaikan masyarakat Kulon Progo diberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan, memiliki kopetensi, sertifikat, dan resensi.

 “Saat ini diklat pemberdayaan masyarakat BP3 Curug hanya memberikan bekal pendidikan dan pelatihan selebihnya untuk pekerjaan setelah mengikuti diklat kami tidak menyalurkan” ujarnya.

Materi diklat yang diujikan yaitu tes potensi akademik (TPA) umum materinya seperti yang ada di perguruan tinggi. Kedua, Wawancara untuk menggali kemauan peserta diklat terkait mengikuti diklat ini.

“Hari ini dilakukan tes wawancara, TPA, uji fisik peserta. Karena kita tidak mau nanti begitu punya kompetensi, punya resensi ternyata ada cacat atau apa. Meskipun kemarin dinas ketenaganakerjaan dan transportasi sudah melakukan tes tersebut, tapi kita melakukan cek ulang terkait dengan tinggi badan, kesehatan kemudian punya riwayat penyakit apa” ujar Tri.

Hasil tes akan diumumkan  di website dinas ketenagakerjaan Kabupaten Kulon Progo pada tanggal 18 Agustus 2018. Diklat rencana akan dibuka tanggal 28 Agustus 2018 di BP3 Curug. Pelaksanaan diklat ini masyarakat tidak di bebankan sama sekali untuk biaya gratis, namun hanya biaya transpot saja.

Di harapkan nanti lulusan dari marseling dan helicopter landing official (HLO) itu kusus yang dibidang pemberdayaan masyarakat dari BP3 Curug masyarakat Kulon Progo diberikan bekal untuk memiliki kompetensi sebagai bekal kerja di dunia penerbangan.

“Mudah-mudahan kita mendapatkan hasil SDM yang bagus artinya kita didik disana juga tidak mengalami kesulitan terkait dengan itu” ujarnya.


Related Articles