DPMPT Selenggarakan Sosialisasi Pelayanan Perizinan

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Kulon Progo melaksanakan sosialisasi Sistem Informasi Penanaman Modal dan Perizinan yang dilaksakan di Gedung Binangun VI. Sosialisasi Sistem Informasi Penanaman Modal dan Perizinandihadiri oleh Pemerintahan Desa yang berada di Kulon Progo, Selasa (17/7).

Suwarna selaku sekretaris DPMPT menyampaikan penanaman modal objek sasarannya terdapat di desa, dan kelurahan telah mengetahui seluruh potensi yang terdapat di desa.Fokus pengembangannya pada bidang pangan, infrastruktur, energi, kebudayaan dan pariwisata, Pendidikan, ekonomi kreatif, dan pertambangan.

“Sasaran DPMPT berada pada desa dan kelurahan, yang menjadi titik fokus pengembangan adalah dibidang infrastruktur, energi, kebudayaan dan pariwisata.” katanya.

Suwarna juga berharap kegiatan sosialisasi dari DPMPT dapat membantu dalam Sistem Penanaman Modal kedepan, dan melayani masyarakat yang ingin menanam modal di Kulon Progo.

Restu Dewandaru selaku narasumber yang juga kepala Seksi Perizinan DPMPT Kulon Progo memaparkan tentang sistem pelayanan perizinan di Kabupaten Kulon Progo. Pemaparan dimulai dari pembahasan dasar hukum pelayanan publik, manfaat perizinan hingga alur pelayanan perizinan dan standar-standar pelayanan publik DPMPT Kabupaten Kulon Progo.

“Tujuh arah kebijakan penanaman modal meliputi perbaikan iklim penanaman modal, persebaran penanaman modal, fokus pengembangan (pangan, infrastruktur, energi, kebudayaan dan pariwisata), penanaman modal yang berwawasan lingkungan, pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK), pemberian fasilitas, kemudahan serta promosi penanaman modal.” papar Restu.

Narasumber kedua Robi Ampera selaku Kepala Bidang Penanaman Modal menyampaikan terkait dengan Sinergi DPMPT dan Pemerintah Desa dalam fasilitas penanaman modal. Dimana tujuan dari penanaman modal untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kemampuan daya saing, meningkatkan kemampuan teknologi, mendorong pengembangan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Related Articles