Acara Tahunan Jogja OPEN Artistic Swimming Resmi Dibuka

WATES– Acara tahunan Jogja 4th Open Artistic Swimmingresmi dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo. Di kolam renang FIK UNY Kulon Progo Wates, Kamis (12/7). Dilaksanakan selama tiga hari mulai Rabu-Jumat, 11-13 Juli 2018. Perlombaaan cabang olahraga renang indah digelar YUSO Yogyakarta.

Emilia Ayu Dewi Kurniawati, menyampaikan laporan penyelenggara, terdapat 19 nomer pertandingan yang dipertandingkan  diantaranya, Duet Open Free Routine (renang indah ganda putri) dan Duet Open Technical Routine yang juga menjadi nomer pertandingan renang indah pada Asian Games 2018. Maksud dan tujuan diselenggarakan lomba renang indah adalah untuk meningkatkan rasa memiliki renang indah sebagai cabang olahraga.

“Tahun ini Jogja OPEN Artistic Swimming diikuti 97 atlet dari 16 klub renang dari dalam dan luar negeri untuk memperebutkan 69 emas, 52 perunggu, dan 27 perak dengan total 148 medali.”

Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo menyampaikan bahwa renang indah merupakan kegiatan yang tidakmudah dilakukan karena harus memadukan unsur keindahan, kesembangan serta kebersamaan. Kesempatan ini merupakan event yang dapat menambah wawasan bagi semua terutama anak-anak dan generasi muda serta dapat dipersiapkan untuk perhelatan Asia Games.

“Perhelatan Asia Games akan segera dimulai, tentu event ini dapat dijadikan sebagai ajang persiapan untuk memasuki event tersebut.” Paparnya

Sutedjo juga berharap event Jogja OPEN Artistic swimming dapat dapat dimanfaatkan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kulon Progo serta KONI untuk mencari bibit-bibit baru dibidang olahraga renang indah.

“Jogja OPEN Artistic Swimming telah dilaksanakan empat kalinya. Dengan harapan melalui event ini Dinas Pemuda dan Olahraga serta KONI dapat memperoleh bibit-bibit unggul dan dapat memaksimalkan pelatihan untuk kemudian dapat ikut berkompetisi diajang renang lainnya. tambah Sutedjo.

Kegiatan Jogja OPEN Artistic Swimming dibuka untuk umum, penonton cukup banyak demi menyaksikan ajang yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Disampaikan oleh Nuril Hudam Lamongan (25) tertarik menyaksikan Jojga OPEN Artistic Swimming.

“Event ini sangat bagus dan juga keren, apalagi kebanyakan dari peserta adalah anak kecil dan mereka mampu berenang dengan sangat kompak.” katanya.


Related Articles