Khataman Al-Quran Perwujudan Pendidikan Karakter di Kulon Progo

WATES, Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan acara Khataman Al-Quran Siswa Kelas VI SD/MI di Kabupaten Kulon Progo di Taman Budaya Kulon Progo, Rabu (16/5). Acara tersebut merupakan perwujudan Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 18 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter. Khataman ditandai dengan penyerahan piagam dan sajadah kepada para siswa.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo menyampaikan adanya Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 18 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter bermaksud menanamkan nila-nilai karakter pada diri peserta didik. Peserta didik kelas IV SD/MI di Kabupaten Kulon Progo yang beragama Islam harus bisa mencintai Al-Quran dapat khatam Al-Quran, tidak melupakan Pancasila sebagai filosofi nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia, dapat mencintai budaya yang ada melalui pendidikan kemataraman.

“Marilah kita bersama-sama untuk berupaya mengamalkan Perda Pendidikan Karakter di Kulon Progo serta mengamalkan nilai-nilai pancasila dengan sebaik-baiknya. Saya mendoakan semoga anak-anak di Kulon Progo dapat menjadi anak yang soleh dan sholihah yang berakhlak mulia” papar Hasto

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Dikpora Kulon Progo Sumarsana berharap melalui Perda Pendidikan Karakter, peserta didik di Kulon Progo dapat menjadi generasi penerus yang cerdas serta berkarakter. Cerdas dalam segala hal bukan hanya intelek saja namun juga berbudi pekerti luhur, religius dan berwawasan kebangsaan.

“Peserta yang mengikuti Khataman Al-Qur’an sejumlah 872 peserta terdiri dari 260 peserta laki-laki dan 612 peserta perempuan. Rincian dari setiap kecamatan yakni dari Kecamatan Samigaluh sebanyak 55 peserta, Kecamatan Kalibawang 56 peserta, Kecamatan Nanggulan 36 peserta, Kecamatan Girimulyo 22 peserta, Kecamatan Kokap 70 peserta, Kecamatan Pengasih 73 peserta, Kecamatan Sentolo 41, Kecamatan Lendah 67 peserta, Kecamatan Galur 151 peserta, Kecamatan Panjatan 61 peserta, Kecamatan Wates 189 peserta, Kecamatan Teman 50 peserta.” ujarnya

Peserta Khataman dari SD N Krembangan Dwi Wulan Sari merasa senang sudah berhasil khatam Al-Qur’an dan berharap dengan khatam Al-Quran dapat menjadi anak lebih baik lagi.

“Alhamdulillah sudah khatam Al-Qur’an, Saya ingin menjadi anak yang lebih baik lagi. Tetap rajin belajar, mengaji dan berusaha untuk dapat diterima di SMP yang saya cita-citakan.” tambah Wulan.

 


Related Articles