50 Walikota dan Bupati Siap Menuju 100 Smart City Indonesia

50 Walikota dan Bupati dari berbagai daerah di Indonesia melakukan penandatangan nota kesepamahaman mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua di Hotel Redtop, Jakarta Pusat Selasa (8/5).

Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika menyampaikan dalam sambutannya bahwa hasil dari Gerakan Menuju 100 Smart City adalah terbentuknya master plan yang memuat rencana pembangunan smart city masing-masing kot/kabupaten dalam lima hingga 10 tahun ke depan.

Sejalan dengan yang disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika, Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo menyambut baik Gerakan Menuju 100 Smart City. Rudiyatno selaku Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, memaparkan penandatanganan nota kesepahaman menandakan dimulainya kegiatan untuk mendorong potensi di masing-masing daerah serta sebagai bentuk komitmen dari para pihak yang melakukan penandatanganan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dengan mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi.

“Program pendampingan Gerakan Menuju 100 Smart City oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika sudah ditunggu-tunggu sebagai kesempatan untuk mempercepat dan menyempurnakan yang selama ini sudah Kulon Progo lakukan. Dinas Kominfo Kulon Progo menyambut secara baik dan sungguh-sungguh dengan SDM dan infrastruktur yang ada untuk merealisasikan pelaksanaan Smart City  sehingga dapat mencapai progres yang diharapkan.’’ kata Rudi

Gerakan Menuju 100 Smart City diinisiasi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika yang didukung Kementrian terkait seperti Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Keuangan, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan.

Kegiatan tersebut digulirkan sejak tahun 2017 yang diikuti 25 kota/kabupaten, dan tahun 2018 sebanyak 50 kota/kabupaten sehingga total peserta berjumlah 75 kota/kabupaten. Tahun 2019 rencananya akan melibatkan 25 kota/kabupaten lain, yang artinya akan ada 100 kota/kabupaten di Indonesia yang akan memiliki master plan pembangunan Smart City.

 


Related Articles