BKAD SEMAR KOKAP BEDAH 6 UNIT RUMAH

 

Tim bedah rumah kabupaten Kulonprogo yang dipimpin Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo dan Wakil Bupati Drs.Sutedjo, didukung Forum Peduli Kulon Progo (FPKP) Minggu (29/4) melakukan  bedah rumah di wilayah Kecamatan Kokap. Di awali rumah milik Karjo  pedukuhan Tirto desa Hargotirto, kondisi rumah telah proses pembangunan secara swadaya dari pemilik dan warga sekitar sehingga tinggal menyelesaikan atap.

 Menurut panitia pembangunan,Widi surono modal awal pembangunan rumah Karjo ini diantaranya melalui  iuran semen sejumlah 40 zak senilai Rp. 1,6 juta, pasir 9 kubik, senilai Rp.2.250.000,-, batu split Rp.500 ribu, bata merah 6000 biji senilai Rp.4.800.000,-  besi dan kusen pintu jendela,dengan total swadaya mencapai Rp.16,646.000,-. Kemudian saat bedah rumah mendapatkan bantuan dari Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Semar Kecamatan Kokap sebesar Rp.12.000.000.- . selain itu juga dari karyawan Kantor Kesbangpol yang diserahkan Kepala Kantor Budi Hartono.

Ketua BKAD Semar Sukarjo,S.Pd menjelaskan dalam tahun 2018 ini telah membantu bedah rumah 6 Kepala keluarga (KK)  masing-masing memperoleh Rp. 12 juta, lantainisasi 4 kk, senilai total 10 juta, jambanisasi 4 kk total 6 juta, santunan kecelakaan penderes 11 penderes, masing-masing memperoleh 500 ribu, sehingga telah menyalurkan Rp.93.500.000,-

Sementara Dukuh Tirto Desa Hargotirto Surti mengatakan jumlah rumah tidak layak huni di wilayahnya mencapai 57 rumah, setelah memperoleh bantuan dari pemerintah dan donator sekarang tinggal 8 unit rumah yang tidak layak huni.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengapresiasi dukuh Tirto yang mampu menurunkan dengan cepat rumah yang tidak layak huni, semoga sisanya dapat segera diselesaikan. Gotong royong menjadi kunci utama dalam menyelesaikan pembangunan tempat tinggal yang layak ini.

"Terima kasih kepada warga masyarakat yang terus melestarikan budaya gotong royong, sehingga segala sesuatu yang dikerjakan akan lebih mudah daripada dipikul sendiri.  Pancasila mengamanatkan kesejahteraan dan kemakmuran secara bersama-sama, sehingga bagi yang hidup berlebih agar membantu yang masih kekurangan, kepedulian sosial menjadi kunci dalam mempercepat kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, bedah rumah dengan sumber yang sama yakni BKAD Semar adalah milik Eko Purwanto di pedukuhan Sengir desa Kalirejo dan Saroyo di pedukuhan Tangkisan tiga desa Hargomulyo.

 

 

 

 


Related Articles