Sosialisasi Perbup 102 Dinas Kominfo Optimalkan Wpebsite Daerah

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kulon Progo melaksanakan Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 102 Tentang Pengelolaan Website Resmi Pemda di Ruang Rapat Binangun IV, komplek Pemda Kamis (26/4)

Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo Rudi menyampaikan gambaran monev Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), beberapa point penilaian salah satunya adalah penilaian website di masing-masing OPD. Termasuk juga sekarang Desa Sendangsari dan Desa Bumirejo telah menjadi pelopor Desa Akuntabilitas Publik yang telah di lounching Rabu, 25/4 yang bertujuan untuk keterbukaan informasi publik dapat sampai ke desa.

"Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan termasuk dengan website yakni salah satunya unggah berita di website. Hari Rabu kemarin telah lounching akuntabilitas publik bela beli Kulon Progo dan desa yang menjadi pelopornya adalah Desa Sendangsari dan Desa Bumirejo." papar Rudi

Sementara Sutarman selaku Kepala Bidang Aptika Dinas Kominfo memaparkan bahwa
Kulon Progo masuk dalam kota yang didampingi Kementrian Kominfo untuk kabupaten/kota berbasis smart city.
"Alhamdulillah di tahun 2018 ini Kabupaten Kulon Progo masuk dalam kabupaten/kota yg didampingi Kementrian Kominfo menuju Smart City. Smar city tentu tidak lepas dengan keterbukaan informasi publik maka dari itu kita perlu memaksimalkan yg telah kita punyai yaitu website sebagai upaya dalam keterbukaan informasi kepada masyarakat." Katanya

Dari hasil evaluasi pengelolaan website subdomain terlihat bahwa ada beberapa OPD dan Kecamatan yang sudah lama tidak mengunggah berita, beberapa kendala yang dialami antara lain: kurangnya SDM yg mampu dalam mengelola website serta pembuatan berita, tugas membuat berita masih kalah dengan ketugasan dinas lainnya. Jaringan internet yang kadang tidak lancar dll.

Adanya Sosialisasi Perbup nomor 102 ini diharapkan masing-masing OPD dapat memaksimalkan website yang sudah ada serta lebih axis lagi dalam mengunggah berita. Rencana ke depan dalam mendukung Smart City di Kulon Progo dan mengoptimalkan website, Dinas Kominfo akan bekerjasama dengan komunitas IT di Kulon Progo serta mengadakan pelatihan penulisan berita untuk OPD serta Kecamatan yang ada di Kulon Progo.

 


Related Articles