Kunjungan DPRD Kabupaten Pekalongan

Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo menerima rombongan dari DPRD Kabupaten Pekalongan, Rabu, 14/2. Kunjungan tersebut dalam rangka berdiskusi terkait Smart City meliputi aplikasi, jaringan, kebijakan pemerintah, peran akademisi dan masyarakat. Rombongan sebanyak 10 orang dan dipimpin oleh H. Kundarto selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan.

 

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan tersebut memaparkan bahwa di Kabupaten Pekalongan baru akan merangkak terkait dengan Smart City, membangun e-Goverment dari bawah, jaringan internet belum secara menyeluruh masuk ke desa-desa. “Maksud kedatangan kami kesini untuk belajar dari Dinas Kominfo Kulon Progo dalam kesiapan dan upayanya dalam membangun  Smart City”. (Tambah Kundarto).

 

Acara tersebut diterima oleh Sutarman selaku Kabid Aplikasi dan Informatika selaku Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo beserta R.Sigita Purnomo selaku Kabid Informasi Komunikasi Publik dan Statistik. Sutarman menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan yang diberikan, Kabupaten Kulon Progo dalam membangun Smart City mementingkan empat hal yaitu adanya kebijakan dari pimpinan dalam hal ini Bupati Kulon Progo sangat komit terhadap perkembangan teknologi informasi, perluasan jaringan, pembuatan aplikasi yang memudahkan pekerjaan, serta dapat bermanfaat untuk masyarakat. Yang menjadi point penting adalah adanya teknologi informasi dapat menambah perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Targetnya tahun 2018 Fiber Optik dapat masuk ke desa-desa yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

 

Rombongan dari DPRD Kabupaten Pekalongan sangat antusias dalam melakukan diskusi terlebih saat penyampaian permasalahan beberapa pertanyaan yang terkait dengan Smart City di antaranya aplikasi yang sudah dibuat, upaya yang dilakukan Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo untuk dapat menempati posisi strategis dalam hal data di Kulon Progo. Hal tersebut ditanggapi langsung oleh Sutarman  yang menyampaikan beberapa aplikasi yang sudah ada antara lain Pengelolaan Keuangan Daerah, Bank Data Kesehatan, Persuratan Secara Online, Usulan masyarakat Berbasis Android, Pengadaan secara Online, SIM Obat dll.

 

Sedangkan Sekretaris Dinas Kominfo Heri Darmawan menambahkan bahwa Kominfo ke depan menjadi sumber data kabupaten. Semua data akan terintegarasi dalam satu aplikasi dan komintem Bupati terhadap satu data daerah sangat kuat terbukti telah dilaksanakannya pengukuhan TIM Satu Data Daerah. Diharapkan dengan adanya Satu Data dapat memudahkan masyarakat dalam mencari informasi secara cepat dan akurat.


Related Articles