Dinas Kominfo Beserta PT ICON PLUS Audiensi dengan Bupati Kulon Progo

Dinas Kominfo Kulon Progo beserta PT. ICON Plus melakukan audiensi dengan Bupati Kulon Progo. Tujuan dari acara tersebut adalah pemaparan dari pihak ICON Plus terkait penawaran jaringan internet. Bertempat di Ruang Menoreh (2/2/2018).

PT.ICON Plus yang dipimpin oleh Ario Isworo beserta 3 temannya, memberikan pemaparan bahwa PT ICON Plus merupakan anak perusahaan dari PT PLN (persero) bergerak di bidang teknologi dan komunikasi, berlokasi di Semarang, namun untuk jaringan terpusat di Jakarta. Saat ini tekbnologi yang paling canggih adalagh dengan menggunakan Fiber Optik dalam pengelolaan jaringan. Peran PT ICON Plus di PLN adalah menyediakan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan oleh PLN untuk mengawasi unit bisnis lain, misal batubara online, PLN 123 (call center PLN), catat meter online.

Penawaran untuk Pemda Kulon Progo adalah untuk menghubungkan Pemkab Kulon Progo (semua SKPD, Kecamatan dan desa) dengan kabel paling ujung berada di Girimulyo , Nanggulan dan Samigaluh. Kedepan tidak ada lagi gangguan komunikasi karena jangkauan internetnya sudah semakin luas. Terkait dengan pendanaan bersinergi antara APBD dan Dana Desa (case study Pemkab Banyuwangi). Biaya 2 juta per desa per bulan. sedangkan Aplikasi dari Dinas Kominfo. (ujar Andika Ilman)

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo menyampaikan bahwa Kabupaten Kulon Progo selalu membutuhkan internet. Serta membutuhkan tenaga ahli (SDM). Secara prinsip Kabupaten Kulon Progo memang harus bekerjasama dengan ICON PLUS. Pemda Kulon Progo bisa kerjasama dengan PT ICON Plus tapi di dalamnya harus ada klausul melakukan kerjasama dengan BUMD (Aneka Usaha), dan bisa kerjasama dengan pihak lain (Angkasa Pura I). Sehingga semua dapat ternaungi dengan baik. Dan yang tidak kalah penting adalah perlu dukungan Peraturan Bupati untuk optimalisasi dana desa dan pengembangan TIK. 


Related Articles