Dinas Perdagangan dengan PT. Pegadaian Bersinergi Lakukan Penyerahan Bantuan Payung

Penyerahan secara simbolis bantuan payung kepada pedagang di pasar klitikan dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan dan bekerja sama dengan PT Pegadaian bertempat di halaman Dinas Perdagangan pada (20/17). Dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Perdagangan, Deputi PT Pegadaian area DIY, Kepala Pegadaian Kulon Progo, Kapolsek Wates, Dinas Perhubungan, dan Pedagang Klitikan Wates. Acara tersebut merupakan bentuk kepeduliaan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan PT. Persero Pegadaian terhadap kondisi para pedagang dalam melaksanakan kegiatan berdagang baik barang dagangannya, penjual maupun pembelinya  belum terlindungi dari panas matahari dan hujan. Bantuan tersebut diharapkan dapat memberikan kenyamanan. PT Pegadaian sudah cukup lama bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dalam memberikan bantuan untuk pedagang kaki lima di Kulon Progo. “Citra manajemen Pemerintahan Daerah Kulon Progo sampai saat ini sangat bagus karena sinergi dengan masyarakatnya cukup baik”, ujar Mushanif selaku Deputi PT Pegadaian area DIY.

Ada 175 payung yang diberikan oleh PT. Pegadaian  kepada pedagang di pasar klitikan sisanya di distribusikan ke pedagang pasar di Kulon Progo. Ada beberapa syarat untuk para pedagang yang mendapatkan bantuan payung, diantaranya harus merawat payung tersebut dengan baik, memasang dan mendirikan payung tersebut tidak di bahu jalan ataupun di badan jalan, membongkar payung setelah berjualan, menyimpannya ditempat yang tidak mengganggu ketertiban, kenyamanan dan keindahan, bersedia ditata apabila ada aparat atau pemerintah yang ingin menata pedagang di pasar klitikan, tidak dipindah tangankan, apabila melanggar persyaratan tersebut maka payung tersebut akan ditarik oleh Dinas Perdagangan. “ujar Niken Probo Laras selaku Kepala Dinas Perdagangan.

Dalam sambutannya Bupati Kulon Progo yang di wakili oleh Drh. Endang Purwaningrum Titi Lestari menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kulon Progo mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Dinas Perdagangan dan PT. Pegadaian Persero atas kepeduliannya terhadap sektor perdagangan di Kabupaten Kulon Progo  yang salah satunya dengan memberikan bantuan payung untuk pedagang pasar klitikan. Pemerintah Daerah Kulon Progo berkomitmen untuk memberikan perhatian di sektor perdagangan untuk menciptakan peningkatan ekonomi kerakyatan yang berbasis pasar rakyat. Sektor perdagangan mampu memberikan kontribusi 20 % bagi sektor lapangan pekerjaan di Kabupaten Kulon Progo. Angka ini dari tahun ke tahun mengalami peningkatan  serta merupakan sektor kedua setelah pertanian, sedangkan pasar tradisional yang tercatat sejumlah 32 lokasi  memiliki 8.000 pedagang. Sebagian pedagang di pasar-pasar di Kulon Progo masih menggunakan pelataran area pasar yang belum beratap karena keterbatasan kios yang tersedia.  Untuk itu melalui perhatian ini Pemrintah Daerah berharap dapat memberikan kemudahan bagi para pedagang untuk terus melakukan aktivitasnya, selain itu dengan adanya fasilitas ini dapat memberikan kesan suasana yang bersih, indah dan rapi yang nantinya akan menimbulkan rasa nyaman baik bagi pedagang maupun pembeli. Terwujudnya kerjasama ini di harapkan terus di tingkatkan untuk mendukung gerakan  Pemerintah Daerah yakni Bela Beli Kulon Progo.


Related Articles