Saya Berani Saya Sehat, Talkshow Peringatan Hari AIDS Sedunia

Gaung peringatan Hari AIDS Sedunia terasakan hingga di Kabupaten Kulon Progo, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Kulon Progo mengadakan Talkshow dengan tema “Saya Berani Saya Sehat”. Bertepat di Ruang Rapat Adikarto (9/12/2017). Acara tersebut bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang penanggulangan HIV & AIDS kepada masyarakat luas.

 

Peserta yang hadir sekitar 100 orang  terdiri dari pihak sekolah, desa, warga peduli HIV AIDS dan juga Duta HIV AIDS DIY. Ada tiga narasumber dalam talkshow tersebut. Pertama dari (KDS Menoreh Plus)  memaparkan “ Testimoni ODHA”, yang kedua Afifa Dzaky Nismarani merupakan siswa berprestasi Juara 3 Lomba PIK R Nasional Tahap tegar memaparkan hasil karyanya serta mengajak para remaja untuk dapat menjaga diri dan agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas. Sedangkan Narasumber  ketiga Bupati Kulon Progo yang diwakili oleh Bambang Harjatno selaku kepala Dinas Kesehatan kabupaten Kulon Progo menyampaikan materi tentang Situasi HIV AIDS di Kulon Progo serta Strategi Kebijakan.

 

Jumlah yang dinyatakan terjangkit HIV AIDS di wilayah Kulon Progo terdeteksi ada 204 orang, ini terjadi antara tahun 2001-2017. HIV adalah virus yang menyebabkan AIDS, orang yang terinfeksi HIV dapat menularkan virusnya kepada oranglain. Kita tidak bisa mengetahui orang yang terinveksi HIV melalui penampilannya saja. Masyarakat sering salah paham tentang cara penularan HIV AIDS bahwa hal tersebut tidak bisa ditularkan begitu saja melalui gigitan nyamuk/serangga, berbagai makanan dan minuman, bersalaman, memakai toilet yang sama dengan penderita namun penularan HIV AIDS dapat melalui transfusi darah, ASI dari ibu yang terinfeksi HIV, cairan sperma (air mani) dan cairan vagina. Penularan HIV tertinggi melalui hubungan seksual dan penggunaan narkoba suntik secara bergantian.  Maka dari itu kita perlu bersama-sama berupaya untuk mencegah dan mengurangi penyakit HIV AIDS. (papar Bambang).


Sumber gambar: https://www.google.co.id/simbol+hari+aids+sedunia&dcr, diakses 11/12/17 pukul 15.25 WIB


 


Related Articles