Diskusi Panel Penggunaan Bahasa Indonesia Oleh Balai Bahasa DIY

Kulon Progo—Setalah melakukan sosialisasi tentang penggunaan Bahasa Indonesia dalam ranah publik pada tanggal 6/11 di Ruang Rapat Glagah, kini Balai Bahasa DIY menyelenggarakan kegiatan yang serupa namun pembahasannya lebih luas yaitu penyuluhan penggunaan Bahasa Indonesia pada Media Massa, Media Luar Ruang, dan Badan Publik tahun 2017 berlangsung di tiga tempat berdasarkan pembagian materi. Diantaranya kelas media massa bertempat di ruang rapat Sermo, kelas media luar ruang  di ruang rapat Adikarta, dan kelas badan publik di ruang Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan  (BKPP) pada 09/11.

Acara ini dibuka dengan dua pemateri. Materi pertama disampaikan oleh Prabowo Prayitno selaku Kepala Bagian Rumah Tangga kabupaten Kulon Progo tentang pedoman tata naskah dinas, penulisan surat, dan urutan pengajuan surat secara administratif. Pemateri kedua oleh Dra. Sri Nardiyati, M.Pd. selaku fungsional Peneliti dari Balai Bahasa menyampaikan beberapa Kebijakan Bahasa, dampak bahasa bagi kehidupan, fungsi bahasa, pemakaian bahasa kasar dan penggunaan bahasa yang benar dan baik.

Kegiatan yang berlangsung partisipatif ini dilanjutkan dengan pembagian tiga klasifikasi kelas. Kelas media massa membahas tentang materi bahasa siaran radio yang disampaikan oleh narasumber Dr. Dwi Atmawati, M. Hum bersama Darmanto, S.Pd., M.P.A.  dan kelas Media Luar Ruang membahas materi Bahasa Iklan Media Luar Ruang dengan Drs. Edi Setiyanto, M.Hum bersama Dr. Sumbo Tinarbuko, M.Sn. Dan materi ketiga tentang Bahasa Surat Dinas dan Papan Nama Ruang dengan pemateri Dr. Restu Sukesti, M.Hum bersama Drs. Sumadi, M.Hum.

Tentunya sosialisasi dan penyuluhan penggunaan Bahasa Indonesia yang dilakukan secara bertahap dan terus menerus ini diharapkan masyarakat luas dapat mengaplikasikan penggunaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. (Papar Sri Nardiyati)

 

 


Related Articles