Dinas Statistik Buleleng Bali Kunjungi Kominfo Kulon Progo

INGIN BELAJAR 15 orang dari pegawai Dinas Statistik Kabupaten Buleleng, Bali melakukan kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kulon Progo pada 17/10. Rombongan Dinas Statistik Buleleng dipimpin langsung oleh Ir. Ketut Nerda selaku Kepala Dinas, yang diikuti oleh beberapa pejabat struktural dan staf.   Dalam sambutannya, Drs. R. Agus Santosa, MA.,  menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan kepercayaannya sehingga memilih  Kulon Progo sebagai lokasi studi banding dalam pengelolaan statistik.

Dalam sambutannya, Ir. Ketut Nerda memaparkan tentang gambaran umum Kabupaten Buleleng, pengelolaan data statistik maupun tata kerja organisasi, dimana penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang statistik ditangani oleh Dinas Statistik. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memperoleh informasi dan pengetahuan tentang pengelolaan CBDIS (Census-Based District Information System) di Kabupaten Kulon Progo. “Pemerintah Buleleng juga berharap dapat melakukan penyusunan CBDIS seperti Kulon Progo” ujarnya. Hal-hal yang didiskusikan antara lain pengelolaan data, aplikasi, infrastruktur, sistem kerja, dan sebagainya yang disampaikan oleh Sigit Purnomo, S.IP Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik yang didampingi oleh Kasi Statistik, Etik Nurmayati, S.Si.

Dalam penjelasannya, CBDIS telah dikembangkan ke arah diseminasi data dan informasi agar pemanfaatan data tersebut semakin luas untuk berbagai kepentingan perencanaan, penyiapan kebijakan, dan evaluasi hasil pembangunan sampai wilayah administrasi terkecil.

 


Related Articles