PENGUKUHAN KIM NGROJO MULYO DESA KEMBANG NANGGULAN

Meskipun bulan puasa semangat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo untuk memberdayakan keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) melalui kegiatan pengukuhan dan penyuluhan tetap berjalan seperti biasa.

Hal ini dilakukan Senin (12/6) yang bertempat di Rumah Kepala Dukuh Ngrojo Desa Kembang Harjono digelar acara Pengukuhan KIM NGROJO MULYO Desa Kembang oleh Kepala Desa setempat Drs.Winarno, yang dihadiri Sekcam Nanggulan Drs Warsidi, beserta Muspika, serta perangkat desa. 

Sebagai Ketua MC Surandi, yang dibantu beberapa pengurus inti dan seksi dan usai acara dilanjutkan penyuluhan terkait ketenagakerjaan oleh Kadinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Eko Wisnu Wardhana, SE serta terkait tradisi budaya oleh Kadinas Kebudayaan Drs. Untung Waluyo.

Kadinas Kominfo Drs. Agus Santosa,MA sangat berharap dengan keberdaan KIM yang sebelumnya klompencapir dengan berbagai prestasi yang diraih, untuk dapat dipertahankan. Hal ini sebagai modal bagi KIM, dan Diskominfo melihat KIM Ngrojo Mulyo mampu untuk mendukung program pemerintah dalam rangka mendukung informasi terkait dengan misalnya penyampaian informasi lowongan kerja kepada masyarakat. Hal ini disesuaikan dengan perkembangan jaman di era teknologi informasi yang sangat cepat dan mudah sampai di masyarakat.

"Saya sangat berharap KIM Ngrojo Mulyo mampu menjadi penyampai masyarakat terkait informasi tenaga kerja misalnya melalui jalinan komunikasi yang dibangun dengan Dinas Nakertrans, dan jaringan kelompok-kelompok online masyarakat terutama di seluruh wilayah desa Kembang Nanggulan, karena informasi ini sangat berguna bagi masyarakat dan valid bukan lagi hoax, sumbernya resmidari dinas,"terang Agus.

Hal senada dikatakan Kadinas Nakertrans Eko Wisnu Wardhana, sebagai instansi yang mengatasi pengangguran, beberapa sarana dimanfaatkan terlebih era informasi saat ini, karena masih adanya kendala di saat banyaknya lowongan yang ada ternyata yang daftar masih minim, apakah disebabkan pengangguran sedikit ataukah informasi yang belu tersebar luas ke masyarakat, maka peran KIM untuk menyebarluaskan informasi ini yang menjadi salah satu solusinya.

Sementara Kadinas Kebudayaan Drs.Untung Waluyo mengapresiasi warga desa Kembang yang terus melestarikan budaya nenek moyang sebagai wujud keistimewaan Yogyakarta. Adat tradisi budaya yang berkembang dabn dilestarikan untuk menjaga hubungan dengan alam semesta kepada Tuhan. Dalam mendukung keberadaannya maka Dinas membentuk di setiap desa adanya desa mandiri budaya meliputi di dalamnya pengurus desa budaya, sejarah desa budaya, program kerja serta adanya kesenian khas.


Related Articles