PELATIHAN BLK ANGKATAN PERTAMA BERAKHIR

 

Wates- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kulon Progo berhasil menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan I bertempat di UPTD BLK Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan ini untuk memberi tambahan ketrampilan kepada masyarakat Kulon Progo agar lebih siap terjun di dunia kerja dan usaha.  Pelatihanberlangsung sebulan  yang dimulai 26 April 2017 dan berakhir Jumat, tanggal 26 Mei 2017. Pelatihan ini merupakan program kerja dari Disnakertran dan bekerja sama dengan BLK Kulon Progo menggunakan dana dari APBN Tahun anggaran 2017.

Sekretaris Disnakertran Kulon Progo Heri Purnomo dalam sambutan penutupan  di BLK Tambak, Jumat (26/5)  mengatakan kedepan semoga para peserta yang nantinya akan bekerja di perusahaan-perusahaan mampu bersaing dengan karyawan dari tempat lain, bagi peserta yang telah membuka usaha dan akan membuka usaha baru semoga usahanya dapat lebih mengembangkan Kabupaten Kulon Progo.

Sementara Kepala BLK Kulon Progo Sri Sulanjari mengatakan jumlah total peserta dalam pelatihan ada 120 orang yang di kelompokkan kedalam tujuh paket terdiri dari Office Tools, Boga, Procesing Hasil Pertanian, Menjahit, Rias Pengantin, Teknik Pengelasan, dan Permesinan Sepeda Motor. Peserta pelatihan terdiri dari remaja, dewasa, ibu-ibu di sekitar  wilayah Kabupaten Kulon Progo baik yang belum mempunyai pekerjaan, yang akan bekerja, yang telah mempunyai usaha dan yang akan membuka usaha. Penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan pertama ini dihadiri 48 orang hal ini dikarena peserta telah menyelesaikan pelatihan selama 20 hari selebihnya ada yang 30 hari dan 40 hari.

Sulanjari menambahkan  pelatihan dilaksanakan setiap hari Senin sampai Sabtu dari pukul  7.30 WIB - 14.00 WIB.  Peserta pelatihan dibekali dengan materi kompetensi 30 %,  praktik 70 % serta pembekalan Basic Mental untuk siap terjun dalam dunia kerja dan usaha. Antusias masyarakat Kulon Progo sangat besar dan respon yang diterima cukup baik pelatihan berjalan dengan lancar. PR untuk BLK Kulon Progo kedepannya adalah perlu diadakannyabimbingan pasca pelatihan untuk para peserta meskipun ada monev dan pengawalan dari pihak BLK terhadap peserta pelatihan.

Penutupan juga dihadiri perwakilan dari Bank Pasar Kulon Progo Warsito, yang sangat  mendukung sekali adanya pelatihan-pelatihan seperti ini untuk kemajuan masyarakat Kulon Progo, bentuk dukungan dari bank Pasar adanya Kredit madani untuk usaha kecil dan menengah.

 

 

 


Related Articles