PENGUKUHAN KIM CORNIDA DESA HARGOTIRTO KOKAP

 

Di wilayah Kabupaten Kulon Progo Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) saat ini baru tercatat 11 KIM atau 12,5% dari jumlah desa/kelurahan yang ada, dan ini yang terkecil di Propinsi DIY. Kedudukan KIM yang keberadaan di tingkat desa/kelurahan paling banyak secara prosentase di Bantul  73,33 %, Gunungkidul 25 %, Sleman 22,09 % dan Kota Jogja 17,78 %. Dari 11 yang ada pun belum merata di masing-masing kecamatan, karena di kecamatan ada yang lebih dari satu. Sehingga ini menjadi tantangan tersendiri bagi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kulon Progo selaku pembina.

                Hal tersebut dikatakan Kadinas Kominfo Kulon Progo, Drs. R. Agus Santosa, MA dalam acara Pengukuhan KIM Corps Olahraga, Seni dan Dakwah (CORNIDA) di desa Hargotirto Kecamatan Kokap, Rabu (26/4). Pengukuhan dilakukan Kepala Desa Hargotirto Sabarno, disaksikan Kadinas Kominfo, Camat beserta Muspika Kecamatan Kokap, dan tokoh masyarakat desa setempat.

 " Kami ucapkan selamat kepada para pengurus KIM yang baru saja dikukuhkan oleh Bapak Kades Hargotirto. Sekali lagi kami apresiasi dan terima kasih kepada Bapak Kades, BPD dan tokoh masyarakat di Desa Hargotirto Kokap ini. Karena meskipun di Kulon Progo ini sudah terbentuk beberapa KIM, tetapi pengukuhan KIM, baru di tempat ini, semoga kedepan dapat disusul oleh KIM-KIM yang lain,"terang Agus.

Menurut Agus, keberadaan KIM ini dasarnya adalah Permenkominfo No 8 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial, disebutkan bahwa KIM dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktifitasnya melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah. Maksud dibentuknya KIM diantaranya untuk mewujudkan jejaring diseminasi informasi nasional, membangun masyarakat informasi, mendorong partisipasi masyarakat dalam demokrasi dan pembangunan, serta mendorong peningkatan kecerdasan publik dalam mengkonsumsi informasi.

"Khusus di wilayah Kecamatan Kokap ini, semoga  segera menyusul muncul KIM-KIM baru di setiap desa. Hal ini menginggat Kokap masuk salah satu dari tiga Kecamatan di DIY ( dua lainnya di Gunungkidul yakni Kecamatan Girisubo dan Kecamatan Saptosari) yang akan menjadi sasaran Bapak Gubernur melalui Dinas Kominfo DIY. Dalam hal ini akan digelontorkan bandwidth untuk memperkuat akses internet, akan disiapkan conten website dan pendampingan internet sehat. Saya berharap keberadaan KIM perlu dioptimalkan dalam rangka turut serta berpartisipasi aktif mendukung program yang akan dilakukan oleh Pemprop DIY ini,"kata Agus.

Sementara Kades Hargotirto, Sabarno minta agar KIM yang baru dikukuhkan dapat eksis tidak hanya semangat pada saat dibentuk, tetapi setelah itu beberapa waktu kemudian tidak ada aktifitasnya. Terlebih di wilayah Kecamatan Kokap baru satu-satunya, sehingga dapat mendukung untuk mengakses informasi yang berguna bagi masyarakat desa Hargotirto.

Acara dirangkaikan dengan penyuluhan narkoba menghadirkan narasumber dari Badan Narkotika  Kabupaten (BNK) Arief Prastowo, S.Sos, MSi dan UPTD Laboratorium kesehatan daerah Dinkes Kulon Progo Tantya Issumantri, SKM, M.P.H.

Sedangkan Pengurus KIM Cornida periode 2017-2022 meliputi Ketua Rohmad Dangu Purwanto, Wakil Ketua Salamhudin, Sekretaris Ulul Mariyam, Bendahara Reni Afiat serta dilengkapi beberapa koordinator bidang

 

 

 

 


Related Articles