5850 SISWA KULON PROGO SIAP UNBK

 

Sebanyak 5.850 siswa di Kabupaten Kulon Progo yang terdiri 4.993 siswa SMP dan 857 siswa MTs, yang terdiri dari 79 satuan pendidikan negeri 36 sekolah dan swasta 30 sekolah serta MTs 13 sekolah telah siap untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017 yang akan diselenggarakan tanggal 2,3,4 dan 8 Mei mendatang.  

            Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kulon Progo, Drs.Sumarsono, MSi, dalam acara Dialog Publik, yang digelar Dinas Kominfo setempat, Selasa (25/4) di Ruang Sadewa Disdikpora Kulon Progo.

Acara yang mengambil tema Pendidikan Berbasis IT Untuk Meningkatkan Mutu dan Akuntabilitas dihadiri Kadinas Kominfo Kulon Progo Drs.R.Agus Santosa, MA dengan moderator Sigit Purnomo, SIP Kabid Informasi Komunikasi Publik dan Statistik Dinas Kominfo, dengan peserta dari jajaran Disdikpora, Kecamatan, UPTD PAUD Dikdas, Dewan Pendidikan, Komite Sekolah, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP, dan Forum Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD.    

            "Dalam pelaksanaan UNBK ini, sebanyak 15 sekolah yang menyelenggarakan sendiri, yakni 10 SMP Negeri, 2 MTs dan 3 SMP Swasta, sedangkan 64 sekolah yang lain karena terkendala sarana prasarana maka menumpang di sekolah yang terdekat, seperti di SMK dan SMA,"terang Sumarsono.

            Mantan Kadinas Koperasi dan UMKM dan staf ahli Bupati ini menambahkan dalam pelaksanaan ujian berbasis komputer yang sebelumnya telah dilakukan oleh siswa SLTA, dan baru pertama kali ini, tentu memerlukan koordinasi dengan beberapa pihak diantaranya dengan PLN yang tidak akan melakukan pemadaman mulai 1 sampai 8 Mei mendatang, karena tanggal 1 Mei akan digunakan untuk mengunduh soal -soal dari Kementerian, serta dengan penyedia jasa layanan internet agar tidak troubel.

            "Namun demikian apabila faktor alam sehingga listrik padam, maka sekolah - sekolah sudah di minta agar menyediakan cadangan berupa genset,   sehingga tidak menjadi permasalahan dalam hari H pelaksanaan UNBK,"terangnya.

            Sementara Kadinas Kominfo Kulon Progo Drs.R.Agus Santosa, MA, mengatakan kegiatan diselenggarakan dalam rangka mendukung agar UNBK di Kabupaten Kulon Progo dapat berjalan lancar, sukses dan dengan prestasi yang baik serta kejujuran yang tinggi.

            "Meskipun baru pertama, namun dunia IT sudah berjalan, dan sangat efektif karena biaya ringan, kalau sebelumnya dengan soal - soal harus ada pengawalan, keamanan dari percetakan hingga lokasi, sekarang hanya mengunduh soal saja, "kata Agus.   

 

 


Related Articles