BPPKI YOGYAKARTA GELAR PELATIHAN TIK IBU RUMAH TANGGA

 

Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Yogyakarta, menyelenggarakan Pelatihan khusus bagi Ibu Rumah Tangga di wilayah Kabupaten Kulon Progo, terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pelatihan yang diikuti 35 peserta di Ruang pertemuan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kulon Progo Senin (27/3)  di buka  Kadinas Kominfo Kulon Progo Drs.R.Agus Santosa,MA. Sedangkan narasumber Waluyo, Suwarto,SH dan Inasari Widiyastuti,ST seluruhnya dari BPPKI Yogyakarta.

                 Kadinas Kominfo Kulon Progo Drs.R.Agus Santosa,MA mengatakan bahwa penggunaan teknologi informasi di berbagai bidang adalah sebuah keniscayaan. Dulu yang dikatakan sebagai buta huruf adalah orang-orang yang tidak bisa membaca, namun sekarang di era kekinian, seorang itu dianggap buta huruf atau terbelakang jika tidak mampu menggunakan teknologi informasi, baik itu internet dan segala perangkatnya.

"TIK juga dapat memberikan manfaat bagi kaum perempuan khususnya ibu rumah tangga, dimana TIK dapat meningkatkan produktivitas, membuka peluang ekonomi, meningkatkan taraf hidup diri dan keluarganya,"katanya.

Agus yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik menambahkan orangtua harus belajar agar dapat menggunakan alat komunikasi digital serta memahami segala kebaikan dan kerugiannya bagi anak, sehingga orang tua siap dan mampu mengarahkan dan mendampingi anak ketika mereka menggunakan alat komunikasi digital tersebut.

Sementara Suwarto,SH, dari BPPKI Yogyakarta mengatakan pelatihan dilakukan agar ibu rumah tangga mendapatkan pengetahuan bagaimana menggunakan internet sehat sehingga bisa membimbing anak-anak atau keluarga mereka ketika menggunakan internet. Di era media sosial yang sangat pesat perkembangannya, informasi dapat dihasilkan dari mana saja, meskipun belum tentu kebenarannya, untuk itu diperlukan kejelian, tidak asal menyebarkan informasi yang baru saja diterima.

 

 

 


Related Articles